PENTINGNYA TIDUR UNTUK KECANTIKAN KULIT

0
83
Share this on

PENTINGNYA TIDUR UNTUK KECANTIKAN KULIT

Tyra Banks once said that the best makeup in your makeup bag is a good night sleep

Main topic: PENTINGNYA TIDUR UNTUK KECANTIKAN KULIT

Beauty is not everything, of course. Benar bahwa kecantikan itu relatif. Tapi aku rasa kita semua bisa setuju bahwa kulit yang sehat adalah bagian dari kecantikan. Put the makeup all you want but first you have to make sure you’ve taken care of your skin nicely. Bukan hanya dengan skincare, tapi juga dengan kebiasaan tidur kita. Apa hubungannya? Oooohhh sleep has everything to do with your beautiful skin. Bener banget. Jadi kali ini aku akan membahas bagaimana pentingnya tidur untuk kecantikan kulit kita.

FAKTA TENTANG TIDUR

Di dalam blogpost sebelumnya aku pernah membahas tentang tidur secara umum.

Baca juga:

MENGAPA TIDUR ITU PENTING

CARA AGAR BANGUN PAGI

Sebuah penelitian terhadap tikus menunjukkan betapa tidur sangat penting bagi mahluk hidup. Tikus umumnya memiliki masa hidup 2-3 tahun. Di dalam penelitian ini beberapa tikus dibuat mengalami kekurangan tidur dan tikus-tikus dalam percobaan ini hanya mampu bertahan hidup selama sekitar lima minggu. Pada manusia, hal-hal baik dalam tubuh terjadi saat kita tidur. Regenerasi sel, restrukturisasi, produksi hormone, dan lain-lain. A good night sleep is good for our skin too, beauties! It is good for our heart, for the longevity, and for our healthy skin.

PENELITIAN TENTANG TIDUR VS. KULIT

Pada saat kita tidur, tubuh kita beristirahat dan memperbaiki sel-sel tubuh kita yang lelah dan rusak, menjaga keremajaannya, dan sel-sel tubuh kita mengalami regenerasi. Pada saat stage tidur kita berada dalam tidur yang sangat nyenyak, hormone yang bertanggung jawab dalam hal itu meningkat sehingga perbaikan sel tubuh terjadi secara maksimal pada stage ini. Untuk kulit sendiri, kerusakan-kerusakan kulit yang mungkin terjadi akan diperbaiki di sini (1).

Jadi bisakah kita bayangkan jika kita tidak tidur dengan cukup? Yup. We just prevent our body from rejuvenating and repairing our skin which can cause us a premature aging. Tentu ini bukan sesuatu yang kita inginkan. Selain itu, kekurangan tidur mengakibatkan level hormone cortisol yang bertanggung jawab dalam penuaan dini menjadi meningkat.

PENTINGNYA TIDUR UNTUK KECANTIKAN KULIT
PENTINGNYA TIDUR UNTUK KECANTIKAN KULIT
www.ladyjosman.com

Sebuah penelitian yang dipimpin oleh Dr. Elma Baron, yang kemudian dipresentasikan dalam  the International Investigative Dermatology Meeting di Edinburgh, Scotland, diklaim sebagai penelitian pertama yang secara konklusif menunjukkan bahwa kekurangan tidur berpengaruh pada kesehatan kulit dan mempercepat penuaan dini. Enam puluh wanita dengan rentang usia 30-49 tahun menjadi partisipan dalam penelitian oleh Dr. Elma Baron ini.  Di dalam penelitian ini ditemukan bahwa mereka yang kekurangan tidur menunjukkan tanda-tanda penuaan dini lebih banyak daripada mereka yang memiliki tidur yang cukup. Beberapa tanda-tanda penuaan yang muncul adalah keriput halus, warna kulit tidak rata, dan kurangnya elastisitas kulit. Selain itu, kekurangan tidur juga berpengaruh pada peningkatan berat badan lho. Jadi kalau kamu sedang dalam program menurunkan berat badan, you may want to start going for the good night sleep.

BAGAIMANA TIDUR MEMPENGARUHI KULIT?

Berikut ini adalah beberapa cara kekurangan tidur mempengaruhi kecantikan kulit kita.

  • Lack of sleep means stress means breakouts

Seperti yang sudah disebutkan di atas, saat kita beristirahat atau tidur maka secara alami level hormone cortisol kita menurun. Dan sebaliknya, Joshua Zeichner, the director of cosmetic and clinical research in Dermatology at Mount Sinai Hospital in New York City mengatakan bahwa jika pada malam hari kita tetap terjaga entah dengan alasan apa, maka level hormone ini akan meningkat dan menghalangi proses perbaikan dan regenerasi sel kulit kita. Inilah yang kemudian menjadi salah satu penyebab kenapa kulit kita mengalami jerawat keesokan harinya.

  • Sleep makes you look younger

Kok bisa? Tentu bisa. Kolagen adalah sebuah protein yang membantu menjaga keremajaan kulit kita dan membuatnya tetap elastis. Protein ini akan rusak jika hormone cortisol kita meningkat. Pada akhirnya ini akan menyebabkan tanda-tanda penuaan muncul lebih awal. Selain itu kulitmu akan menjadi lebih kering dan terlihat kusam lho.

Nah di atas adalah beberapa ulasan mengenai pentingnya tidur untuk kecantikan kulit kita.  So fellas, no matter what you do, you need that good night sleep. Tidak hanya tidur penting untuk kesehatan tubuh kita secara umum, tapi juga untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit kita ya.

Ready for the good night sleep tonight?

Stay healthy and beautiful!

Main topic: PENTINGNYA TIDUR UNTUK KECANTIKAN KULIT

Share this on

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of