PROGRAM DIET EKSTRIM TERBARU

1
20
Share this on

PROGRAM DIET EKSTRIM TERBARU

Main topic: Program Diet Ekstrim Terbaru (ala Lady)

WARNING!!: Program Diet Ekstrim Terbaru ini adalah eksperimen yang aku lakukan karena kebutuhanku untuk menurunkan berat badan dalam waktu cepat. Jangan memaksakan diri untuk menirunya tanpa tau kondisi tubuh kamu ya. Tidak semua orang cocok untuk melakukan sebuah program diet, lebih-lebih diet yang agak ekstrim.

Di dalam blogpost sebelumnya aku sudah menceritakan rencanaku untuk melakukan diet untuk menurunkan berat badanku. I have said I would combine fruitarianism and rice diet. Sebelumnya aku pernah mencoba diet fruitarianism ini and gosh it was hard. Makanya aku kali ini memutuskan untuk mengkombinasikan diet fruitarianism dan diet nasi. Sebenarnya ini seolah menghilangkan esensi dari fruitarianism ya dimana diet ini benar-benar hanya menyarankan makan buah. Tapi aku rasa itu tidak terlalu penting. The key here is to eat more fruit and less to no rice. I know it will be hard but I will try my best, I won’t let my readers down (wait what???).

BACA JUGA:

1. RENCANA DIET LADY

2. DIET EKSTRIM: DIET FRUITARIANISM

Jadi aku akan membagikan cerita dietku, diet ala Lady (a questionable fruitarianism and rice diet). Tulisan ini aku buat per hari to keep myself on track dan supaya lebih real. Tapi sebelumnya mari kita lihat perhitungan BB idealku.

  • PERHITUNGAN BERAT BADAN IDEAL

Seperti yang aku sebutkan di postingan aku sebelumnya, salah satu cara yang sangat popular untuk menghitung berat badan ideal adalah dengan Rumus Broca.

Rumus Broca ditemukan oleh Pierre Paul Broca dan terbagi menjadi dua, yaitu untuk laki-laki dan perempuan. Berikut penjelasannya.

  • Untuk laki-laki

BB ideal (kg) = {tinggi badan (cm) – 100} – {(tinggi badan (cm)-100) x 10%}

  • Untuk perempuan

BB ideal (kg) = {tinggi badan (cm) – 100} – {(tinggi badan (cm)-100) x 15%}

  • Jadi berdasarkan rumus ini, BB idealku adalah:

= {156-100} – {(156-100) x 15%)}

= {56} – {8.4}

= 47.6 kg

Wah!!!

Notes: Aku beberapa kali ukur tinggi badan di beberapa tempat yang berbeda hasilnya selalu berbeda (is that even possible?) padahal yang ukur bukan aku ya, tapi petugas setempat. Kadang 156, 157, dan 159. So as you see aku ambil yang perhitungan untuk tinggi badan 156 cm karena ini yang terbaru dan lebih sering muncul dibanding dua angka lainnya.

I have to be honest here, I don’t want to go all the way down to 47.6 kg. Aku pernah lihat badanku di skala 51 kg dan aku jujur tidak terlalu menyukai apa yang aku lihat di cermin. Sooo skinny. Jadi tujuan diet ini mungkin tidak akan sejauh itu ya. But any way, I will be having rough days ahead. Bless me, Universe!

Notes: BB aku waktu ditimbang sekitar dua minggu lalu (trust me sekarang mungkin lebih karena akhir-akhir ini aku banyak makan) adalah 56.5 kg.

  • DIARY DIET ALA LADY

#Diet Lady Day 1

Hari Ini aku sarapan dengan satu gelas susu kedelai dan 1 buah pisang. Ini lumayan membuat kenyang untuk beberapa jam. Yup! Beberapa jam dan setelah itu aku harus makan satu buah pisang lagi ditambah dengan satu gelas susu kedelai. Ini mungkin akan terdengar seperti alasan yang dibuat-buat, tapi diet bukan berarti harus kelaparan kan? Jadi sebelum jam makan siang aku juga ngemil beberapa buah jeruk mandarin. Hoping it will help me to get through the day.

Untuk makan siang aku memakan setengah porsi kimchi kemasan, dan menghabiskan setengahnya lagi sebagai cemilan sampai sore. Selain itu aku juga minum satu gelas susu kedelai lagi dan ditambah dengan satu buah timun. Wah.. Am I really on diet or what? But again, aku nggak mau kelaparan. That is not my intention.

Timun akan jadi menu utama dalam dietku ini, di hari pertama ini aku sudah membeli beberapa buah timun untuk stock beberapa hari.

Note hari ini: sore ini aku kembali aerobic setelah hampir dua bulan berhenti.

Untuk makan malam aku makan satu buah plum China.

And my first day is done.

Program Diet Ekstrim Terbaru

Program Diet Ekstrim Terbaru
www.ladyjosman.com

#Diet Lady Day 2

I eat a lot more today.

Sarapan           : 1 buah pisang, 1 gelas susu kedelai, dan 1 buah timun

Makan siang    : 1 buah timun, 1 buah tomat, 1 gelas susu kedelai, 2 cup pudding, dan sejumput kue ketan (I know, I am kinda cheat here)

Makan malam  : 1 buah plum

Notes: Aku minum lebih banyak air dari biasanya dua hari terakhir ini.

#Diet Lady Day 3

Sarapan           : 1 buah pisang dan 1 buah timun

Makan siang    : 1 buah plum, 1 buah pisang

Makan malam  : 1 buah timun

Notes: Dan hari ini aku juga kembali senam aerobic.

#Diet Lady Day 4

I cheat today. Hahaha.

BB aku hari ini: 55.7 kg

Sarapan           : 3 pieces kue bolu.

Makan siang    : Satu cup nasi plus lauk. Dan you know what, sorenya diajakin makan mie dan aku ikut. Hahahaha.

Makan malam  : no dinner tonight.

#Diet Lady Day 5

Sarapan           : 1 buah timun (aerobic sekitar 20 menit).

Makan siang    : 2 lembar roti dan setengah buah pisang.

Makan malam  : no dinner.

#Diet Lady Day 6

Cheating is the headline of the day.

Aku makan nasi seharian (sarapan, makan siang, dan makan malam) plus lauk-pauk berminyak nggak jelas. Bagusnya cuma satu, porsinya sedikit. Tapi tetap saja, ini tidak boleh berlangsung. Hahaha.

Notes: Hari ini tidak ada olahraga karena hari ini kerja sampai malam.

#Diet Lady Day 7

Sarapan           : Aku sarapan satu buah pir hari ini.

Makan siang    : Semangkuk full sayur dan jamur plus tempe goreng. Duh ini diet atau apa? Sebagai cemilan aku makan satu buah pir lagi.

Makan malam  : Tidak ada makan malam.

Notes: Aku aerobic selama hampir satu jam.

#Diet Lady Day 8

Sarapan           : Aku sarapan dengan sedikit nasi dan lauk-pauk ditambah dengan sepotong buah pir.

Makan siang    : 1 buah pir dan 1 cup ubi rebus.

Makan malam  : Tidak ada makan malam.

Notes: Aerobic selama 1,5 jam.

  • OVERALL COMMENTS

Berikut ini adalah beberapa kesan dan perubahan yang aku rasakan selama melakukan diet ini. Entah akan aku sebut apa diet semacam ini, tapi ini lebih seperti merubah pola hidup dimana makanan lebih dijaga dan mulai kembali rutin berolahraga.

  • Pada hari-hari pertama, perubahan pola makan tentu saja terasa agak sulit terutama setelah aku hampir sebulan mulai terbiasa rutin makan nasi lagi. Tapi setelah melihat perhitungan asupan kalori dari nasi dibandingkan dengan jumlah kebutuhan kalori orang dewasa, skipping rice seems very reasonable. Aku suka makan dan aku harus melepas satu menu untuk bisa makan banyak makanan lain. Hahaha.
  • Perubahan pola makan disertai dengan rutin berolah raga membuatku merasa lebih sehat dan segar. Dua bulan sebelum ini aku juga sebenarnya rutin aerobic selama beberapa bulan, tapi karena sesuatu dan lain hal (baca: malas) akhirnya olahraga hanya sekali seminggu. Dengan kembalinya rutinitas ini, aku merasa kondisi tubuhku lebih baik.
  • Aku beberapa kali curang dalam program diet ini, beberapa kali makan nasi dan junk food, dan merasa sangat bersalah pada diri sendiri makanya berusaha olahraga walaupun kadang diserang rasa malas.
  • Seperti kamu dan orang-orang lainnya saat melakukan diet, godaannya berat. Kadang ingin berhenti, kadang ingin membeli kue-kue yang terlihat enak di pastry di mall sana, kadang ingin makan ini itu dan skip olahraga. Tapi aku berusaha mengingatkan diriku sendiri, tubuhku tidak membutuhkan itu.
  • Please take your multivitamin. Entah kamu sedang berdiet atau tidak, kamu butuh vitamin. Lebih-lebih jika kamu menjalani diet seperti ini.
  • Di hari terakhir ini aku tidak menimbang berat badanku (lagi-lagi). But you as I said earlier, aku mengalami penurunan berat badan bahkan sebelum seminggu. Jadi bisa aku simpulkan bahwa Program Diet Ekstrim Terbaru (diet fruitarianism dan diet nasi ala Lady) ini bisa kamu adopsi untuk menurunkan berat badan. Tapi kamu harus mencari tau dulu berapa BB yang sewajarnya kamu targetkan dalam seminggu. Karena jujur aku merasa diet ini cukup ekstrim ya. So it’s ok if you want to cheat on the program.
  • Please remember, the key here is consistency. Program diet apapun yang kamu jalani tidak akan berguna jika tidak dilakukan secara konsisten. Aku tidak akan mengatakan bahwa kamu harus berhenti makan nasi dan hanya makan buah, tidak sama sekali. Program diet ini hanya untuk menurunkan berat badanku dengan cepat. Tapi untuk tetap sehat dan tidak bertambah gemuk, pola makan dan gaya hidup harus terus diperbaiki. Dan ingat untuk minum air yang banyak.

BACA JUGA: KEBUTUHAN AIR MANUSIA

Ready to try this diet program?

Bagaimana pendapat kamu mengenai program diet ekstrim terbaru ala Lady (a.k.a kombinasi diet fruitarianism dan diet nasi) ini? Tinggalkan pemikiran kamu di kolom komentar ya.

Stay healthy and beautiful!

Main topic: Program Diet Ekstrim Terbaru (ala Lady)

Share this on

1
Leave a Reply

avatar
1 Comment threads
0 Thread replies
0 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
0 Comment authors
Recent comment authors
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
trackback

[…] DIET EKSTRIM TERBARU: DIET FRUITARIANISM DAN NASI […]