7 ALASAN MENGAPA SOLO TRAVEL LEBIH BAIK

1
163
Share this on

7 ALASAN MENGAPA SOLO TRAVEL LEBIH BAIK

“When good thing happens, travel to celebrate. If something bad happens, travel to forget. If nothing happens, travel to make something happen.”- Unknown

Main Topic: 7 Alasan Mengapa Solo Travel Lebih Baik

Beberapa orang lebih menyukai jalan-jalan bersama teman-teman atau keluarga alias ramai-ramai atau dalam grup, beberapa lainnya lebih suka sendirian. Aku pribadi lebih menyukai ini, solo travel. Untuk setiap preferensi ini ada alasannya, dan kali ini aku akan memberikan “7 Alasan Mengapa Solo Travel Lebih Baik” berdasarkan pendapatku pribadi.

  • You Are Your Own Travel Master!

Ketika kita jalan-jalan dengan grup, entah teman atau keluarga, kita harus mendengarkan pendapat banyak orang hampir tentang semua hal. Dan tidak jarang karena perbedaan pendapat dan kurang jumlah suara, kita harus mengalah dan mengikuti suara terbanyak. Ini artinya kamu tidak akan bisa melakukan semuanya sesuai keinginanmu. Bahkan untuk hal-hal sederhana seperti kapan akan berangkat, mau berangkat menggunakan apa, akan makan di mana, and the list goes on and on.

Aku pribadi tidak menyukai itu. When you travel alone, you get to decide when and how to do things. Kamu tidak harus berembuk dulu dengan siapapun. Kamu bisa makan apa saja kapan saja di mana saja sesukamu tanpa ada drama “kok makan sendiri?” “Kok jalannya nggak bareng kita sih?” dan semacamnya.

  • You Get To Chill

Terkadang bahkan saat tengah liburan, kita ingin sekedar bersantai, chilling, tanpa melakukan apa-apa. Ke pantai dan hanya duduk memperhatikan ombak atau orang-orang yang berlarian dengan keluarga atau anaknya di pesisir pantai. Berenang di laut tanpa harus berinteraksi dengan siapapun, atau membaca buku di hotel tempat kamu menginap tanpa harus menjelaskan ke orang lain mengapa kamu tidak ikut melanjutkan aktivitas outdoor. Atau bahkan jalan-jalan menyusuri jalanan kota atau pindah jalur ke mall terdekat dan hanya duduk minum kopi. No disturbance, no questions.

7 Alasan Mengapa Solo Travel Lebih Baik
www.ladyjosman.com
  • More Flexible

Karena kamu tidak harus menyesuaikan rencana dengan orang lain, maka kamu bisa lebih fleksibel dalam liburan kamu. Jika tiba-tiba kamu hari itu ingin city tour padahal kamu sedang di daerah pantai, maka kamu bisa langsung saja cari transport dan ke kota. Jika kamu sedang ingin makan seafood di restoran yang kamu lihat reviewnya ok beberapa menit lalu dan merubah rencana awalmu untuk makan di restoran lokal, kamu bisa langsung ke sana tanpa harus minta persetujuan atau pendapat orang lain.

Jika kamu bosan di tempat menginap kamu yang sekarang maka kamu bisa pindah ke tempat lain dan tidak ada drama-drama ala sinetron di belakangmu. You can just move and still have a great fun.

  • Tidak Perlu Berurusan dengan Kebiasaan Menyebalkan Travel Partner

Bahkan jika kita liburan dengan keluarga dekat, tidak jarang kita harus berurusan dengan kebiasaan buruk mereka. Atau sebaliknya, kamu tidak kawatir akan membuat orang lain kesal dengan apa yang kamu lakukan atau tidak kamu lakukan. Perbedaan kebiasaan bisa menyebabkan masalah, kecuali salah satu dari kamu cukup sabar dan bersedia menahan segala macam drama keburukan satu sama lain.

Imagine traveling, enjoying your holiday, without any of that. Gosh isn’t that amazing!

  • Lebih Percaya Diri

Try solo travel and you’ll know what I am talking about. Kamu harus melakukan semuanya sendiri, kamu mempelajari banyak hal sendiri, dan kamu akhirnya bisa merasakan dan melihat apa yang bisa kamu lakukan sendirian. Ini bisa meningkatkan kepercayaan diri kamu. Bukan hanya untuk melakukan solo travel di kesempatan berikutnya, melainkan juga dalam membuat keputusan-keputusan dalam hidupmu.

  • Self Discovery

Solo travel.. Two magic words! That’s how I found out that traveling is what I want to do in my life. It makes me happy. I feel more content. Aku rasa ini juga berlaku untuk orang lain. Kamu bisa lebih mencintai diri sendiri, lebih mengenal diri sendiri, dan tau apa yang kamu inginkan dalam hidupmu. Kamu bisa menyadari apa yang akan kamu lakukan untuk membuat dirimu sendiri bahagia, apa yang perlu kamu hindari, dan bagaimana kamu bisa melakukannya tanpa terlalu kawatir dengan pendapat orang lain.


7 Alasan Mengapa Solo Travel Lebih Baik
www.ladyjosman.com
  • New Friendship

Ini mungkin tidak berlaku bagi semua orang, tapi jika kamu tipe orang yang very open to new friendship, maka solo travel bagus untukmu. Solo travel bisa memungkinkan kamu berkenalan dan berteman dengan orang-orang baru. Dan ini tentu akan lebih sulit kalau kamu berada dalam sebuah grup. Kamu sudah memiliki teman dan jika teman kamu adalah tipe yang needy dan ikut kamu ke mana-mana, akan sulit untuk berinterasi dengan orang lain. Iya kan?

Di atas adalah 7 alasan mengapa solo travel lebih baik menurutku. Kamu sendiri lebih suka yang mana? Solo travel atau group travel? Apapun preferensi kamu, make the most out of it. Dan jika kamu sebenarnya ingin mencoba solo travel tapi masih takut, kamu bisa baca artikel berikut ini:

1. TIPS SOLO TRAVEL UNTUK CEWEK

2. TRAVEL CHECK LIST

Dua artikel di atas bisa membantu kamu untuk mempersiapkan diri kamu dalam merencanakan solo travel pertama kamu.

Have a safe trip ya!

Main Topic: 7 Alasan Mengapa Solo Travel Lebih Baik

Share this on

1
Leave a Reply

avatar
1 Comment threads
0 Thread replies
0 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
0 Comment authors
Recent comment authors
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
trackback

[…] BACA JUGA: 7 ALASAN SOLO TRAVEL LEBIH BAIK […]