TRAVEL CHECK LIST INDONESIA

0
37
Share this on

TRAVEL CHECK LIST INDONESIA

Main topic: Travel Check List Indonesia

Judulnya ada kata Indonesianya gitu kenapa? Karena aku menargetkan pembaca Indonesia sementara kalimat “travel check list” kan Inggris banget ya. Hahaha.. Peace!

So anyway, apa yang lebih buruk dari kamu pergi jalan-jalan dan justru lupa membawa banyak hal? Aku tau banget rasanya. Jika kamu travel bersama beberapa orang, ketinggalan beberapa barang mungkin tidak akan terlalu fatal karena kamu masih bisa meminjam dari teman travel kamu. Atau jika kamu tipe yang tidak masalah menghabiskan uang? Tapi aku yakin, kalau bisa kamu ingin menghindari melakukan pembelian tidak terencana seperti itu, apalagi dalam nominal cukup besar. Jika kamu travel sendiri, melupakan banyak barang penting di rumah akan sangat mengganggu  liburan kamu.

Untuk menghindari kemungkinan ketinggalan barang bawaan kamu, aku sudah membuat beberapa list untuk kamu dalam artikel tentang Travel Check List Indonesia kali ini. Di sini kamu bisa melihat barang-barang apa saja yang harus kamu bawa ketika kamu mau liburan. Btw, check list dan tips ini mungkin lebih cocok untuk kamu yang nggak mau bawa banyak koper dan nggak mau ribet di airport atau selama liburan kamu.

Highlight Tips:

Yang harus kamu ingat adalah, barang-barang yang menjadi prioritas kamu untuk dibawa adalah barang-barang yang akan membuat kamu nyaman, dan kalau memungkinkan bisa kamu gunakan dalam beberapa occasion. Misalkan pakaian, bawalah pakaian yang bisa kamu gunakan outdoor dan indoor, yang bisa kamu gunakan ke pantai sekaligus ke mall, semacam itu. Sama halnya dengan sepatu, hindari membawa item yang hanya akan membuat penuh koper atau tas kamu. Jika kamu akan membawa cadangan entah sepatu atau sandal, pilihlah salah satu yang paling besar dan membutuhkan lebih banyak tempat untuk kamu pakai saat berangkat dan pulang.

Mungkin kamu mikir, terus aku fotonya gimana masa pakai itu-itu aja? I know how you feel. Kamu tentu ingin terlihat maksimal di foto liburan kamu, dengan outfit bervariasi, sepatu atau heels yang cantik, dan lain-lain. Akan bagus di akun Instagram kamu. But hey, itu bukan prioritas kamu kan? Walaupun outfit juga berpengaruh terhadap foto, tapi lokasi foto yang berbeda-beda tentu will make up everything.

Beberapa bulan lalu dalam akun Instagram public figure yang aku ikuti, dia posting beberapa foto di lokasi yang berbeda namun dengan outfit yang sama. Dan ahhh.. Memang banyak yang komentar tentang itu, bahkan ada yang cukup jauh berkomentar “Nggak punya baju ya fotonya pakai itu terus?” Duh receh banget. Hidup bukan cuma tentang baju dong ya.

Balik lagi ke highlight tips, jika kamu akan travel sendirian maka kamu harus pastikan ukuran koper/tas dan barang bawaan kamu lainnya bisa kamu bawa sendiri, baik di airport, di destinasi liburan kamu, dan saat pulang nanti. Jangan membuat tangan kamu penuh barang, semua barang bawaan kamu harus bisa masuk ke koper dan tas kamu. Kamu butuh tangan kamu bebas selama perjalanan.

BACA JUGA: TIPS SOLO TRAVELING UNTUK CEWEK

Jadi tanpa panjang lebar lagi, berikut ini adalah Travel Check List Indonesia khusus buat kamu.

  • Koper/Suitcase

Kita mulai dari yang paling besar dan obvious. Barang-barang yang harus kamu bawa akan menjadi acuan koper ukuran seperti apa yang kamu butuhkan. Tapi kamu tidak menginginkan koper yang terlalu besar dan membuat kamu ribet di jalan nantinya. Tips aku pribadi adalah, aku membawa koper dengan ukuran yang muat di bagasi kabin karena aku tidak suka ribet dan lama menunggu bagasi di bandara tujuan.

Selain itu, pastikan koper kamu punya gembok atau kunci sendiri untuk menjaga barang bawaan kamu tetap aman.  

  • Tas

Dulu aku sering dilemma, selain koper aku harus bawa tas seperti apa. Backpack imut atau tas samping yang lucu. Kalau cowok mungkin nggak ribet begini ya, tinggal bawa backpack dan masalah selesai. Tapi tas cewek banyak sekali jenisnya. Jadi aku biasanya membawa tas (kadang backpack, kadang tas samping) yang aku yakin bisa aku gunakan untuk membawa barang-barang yang harus selalu ada di dekatku sekaligus. Misalkan saja hp, portable charger, dompet, tab, lipstick, cermin kecil, dan barang-barang kecil lainnya.

  • Tas Plastik (or tas makeup)

Tas ini sebaiknya adalah tas plastic anti air. In case parfum atau lotion kamu tumpah atau bocor, entah karena apa, tumpahannya tidak akan mengotori barang bawaan kamu yang lain.

  • Make up/Skincare

Ini penting untuk kamu yang beauty enthusiast. Or even for girls in general. Tapi kamu harus menjaga bawaan kamu yang satu ini dalam travel size. Travel size container bisa kamu beli di supermarket atau bisa kamu beli secara online di BukaLapak (klik di sini). Di BukaLapak kamu bisa mendapatkan semua barang yang kamu butuhkan dengan harga-harga terbaik karena selalu ada promo menarik setiap harinya.

  • Toiletries

Di hotel kamu mungkin beberapa toiletries akan tersedia, tapi kamu tentu lebih memilih menggunakan milikmu sendiri sesuai dengan kebutuhan dan jenis kulit kamu. Again, bawalah sabun, sikat gigi, pasta gigi, shampoo, dan kondisioner kamu dalam travel size supaya tidak memakan banyak tempat di koper kamu.

  • Sisir dan Ikat Rambut

Ini sering banget kelupaan. Girls, you don’t want to forget these items. Bawalah sisir dan ikat rambut beserta cadangannya. Ikat rambut sering banget hilang. Aku yakin kamu tau maksudku. *wink*wink*

  • Charger

Ini berlaku untuk portable charger (powerbank) dan charger adapter. Untuk aku pribadi, karena harus mengecas beberapa gadget, aku membeli adapter charger dengan tiga colokan jadi aku bisa menggunakan satu adapter untuk mengecas beberapa gadget sekalian. Aku nggak mau bawa banyak adapter atau ngantri untuk mengecas beberapa gadget. Aku butuh semuanya fully charged dalam waktu yang sama. I believe you’d love that too.

  • Sepatu Multi-purpose

Seperti yang aku bilang sebelumnya di highlight tips, bawalah sesedikit mungkin sepatu. Satu untuk kamu pakai selama perjalanan berangkat dan pulang, satu lagi untuk spare selama di tempat tujuan. Keep every one of them multi-purpose. Aku tau membawa heels kedengaran menggoda, and if you really need to bring one, pastikan sepatu yang kamu pakai saat berangkat benar-benar multi-purpose dan bisa kamu gunakan di hampir semua tempat dan kondisi ketika kamu tidak memungkinkan menggunakan heels kamu.

  • Folder Dokumen

Ini aku bawa-bawa dan aku selipkan di kantung atas tutup koper. Kamu membutuhkannya untuk menjaga dokumen kamu tetap rapi. Dokumen yang aku maksud adalah print out passport, KTP, tiket, dan lain-lain. You might need them later.

  • Tas Plastik untuk laundry

Ini aku bawa sendiri dari rumah. Kamu juga harus. Kamu butuh plastic ini untuk menyimpan pakaian kotor kamu nantinya. Bawalah ukuran yang cukup besar ya supaya bisa menampung semua pakaian kotor kamu.

  • Kaus Kaki

Cuaca dan suhu bisa berubah setiap saat. Dan kalau kamu butuh menyeimbangkan antara dinginnya kamar kamu nantinya dengan badan kamu, kamu akan butuh kaus kaki.

  • Underwear

Entah kamu tipe orang yang suka memakai underwear atau tidak, just in case, bring some with you. You might need to wear them later.

  • Handuk Wajah

Ini bisa kamu bawa dalam ukuran kecil saja, tidak perlu yang besar. Tapi cukup besar jika kamu butuh untuk menggunakannya tidak sekedar untuk wajah. Yang harus kamu ingat adalah kamu ingin menghemat tempat di koper kamu.

  • Pakaian

Tentu saja. Yang harus diingat adalah jangan membawa terlalu banyak pakaian. Seperti yang aku bilang di bagian awal, bawalah pakaian dengan variasi dari yang tipis sampai yang cukup tebal (sweater atau jaket). Dan of course, baju yang bisa kamu pakai di beberapa occasion sekaligus. Entah itu mall, pantai, atau restoran.

Travel Check List Indonesia
www.ladyjosman.com
  • Hygiene Pad

Ini penting untuk cewek. Jika kamu akan liburan di sekitar waktu menstruasi kamu, maka kamu butuh membawa ini. Kamu tidak menginginkan kejutan yang tidak menyenangkan selama lliburan kan?

  • Obat-Obatan

Aku sendiri selalu packing beberapa obat penting buatku. Obat alergi, obat sakit kepala, balsam, minyak angin, minyak kayu putih, antimo jika kamu tipe yang sering mabuk perjalanan, dan pad untuk demam (read: ByeBye Fever).

Obat-obatan ini juga bisa kamu dapatkan di BukaLapak (klik di sini) tentunya dengan banyak penawaran harga yang menarik.

  • Emergency Contact Information

Ini menurutku sangat penting. Buatlah list kontak-kontak yang penting buat kamu. Nomor orang tua, pacar, teman dekat, siapa saja yang bisa kamu hubungi jika hal-hal yang tidak diinginkan terjadi. In case handphone kamu hilang, kamu butuh ini. Tuliskah di notes kecil untuk kamu simpan di tas dan koper kamu.

  • Headset

My life saver. Ini penting untuk telponan, atau sekedar untuk mendengar music dan menghindari kebisingan di sekeliling kamu.

  • Laptop dan kamera

Jika kamu masih membutuhkan laptop dan kamera selama liburan, for example untuk hiburan atau pekerjaan if you are a blogger, jangan lupa membawa item ini beserta chargernya. Inilah salah satu alasan kenapa aku selalu bawa koper dengan ukuran yang bisa aku bawa ke bagasi kabin. Karena aku harus menjaga laptopku tetap aman.

  • Buku

If you are a book lover, bawalah buku bersama kamu. Karena jika kamu benar-benar pencinta buku dan kamu lupa membawanya, kamu akan merasa harus untuk membeli buku di tempat liburan kamu. Dan kamu akan kurang betah jika tidak dekat-dekat dengan bukumu.

  • Dokumen

Ini bisa berupa apa saja. Bisa dokumen pribadi maupun dokumen pekerjaan kamu jika kamu melakukan perjalanan bisnis.

Dokumen-dokumen pribadi yang harus kamu bawa antara lain: passport, KTP, dan print out ticket jika memang kamu membeli ticket secara offline.

  • Botol Air

Kamu butuh ini selama liburan, terutama jika kamu liburan di dalam negeri. Kamu tidak perlu kawatir kamu tidak diperbolehkan membawa air ke pesawat. Tapi jangan bawa yang terlalu besar, ukuran sedang atau kecil saja. Ini memungkinkan kamu untuk mengisi ulang air minum dan berhemat selama di airport dan hotel.

  • Snack dan Permen

Kamu butuh ini selama perjalanan. Bawalah snack bar yang tidak memakan banyak tempat, semacam FitBar, SoyJoy, iya yang semacam itu. Snack-snack ini bisa menjadi penunda lapar dan hemat tempat. Dan kamu butuh permen jika kamu mabuk perjalanan, atau butuh untuk membuat nafas kamu tetap segar.

  • Semprotan Merica

If you are solo traveling, kamu butuh ini. Trust me.

  • Kacamata dan Sunblock

Sunblock atau sunscreen emang harus kamu bawa entah kamu mau ke pantai atau tidak. Tapi jika kamu tidak berencana ke pantai, kamu bisa skip membawa kacamata. Kecuali kamu butuh, seperti aku.

BACA JUGA: TIPS SOLO TRAVELING UNTUK CEWEK

Notes:

Sisakan cukup tempat di koper kamu untuk belanjaan kamu di tempat liburan nanti. Tapi jangan belanja berlebihan ya. Kamu tentu masih nggak mau ribet bawa terlalu banyak barang meskipun kamu dalam perjalanan pulang.

That must be all ya, guys! Go pack your stuff and enjoy your trip!

Stay healthy and beautiful!

Main topic: Travel Check List Indonesia

Share this on

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of