TIPS SOLO TRAVELING UNTUK CEWEK

2
76
Share this on

TIPS SOLO TRAVELING UNTUK CEWEK

Main topic: Tips Solo Traveling untuk Cewek

Ketika membicarakan jalan-jalan, terutama bagi cewek, biasanya identik dengan rame-rame. Lebih-lebih jika jalan-jalannya adalah ke tempat yang baru pertama kali akan dikunjungi. Tidak banyak orang mau melakukan perjalanan sendiri, dan banyak alasan logis yang sulit untuk ditolak. Entah itu alasan keamanan, kebiasaan, fun possibility, or just for the sake of being together with someone. Solo traveling ini seperti sebuah kata suci dan antic (duh lebay deh). Aku pribadi tipe cewek yang lebih sering jalan-jalan sendirian, baik jalan-jalannya jauh ataupun yang dekat. Dan mengetahui itu, beberapa waktu lalu beberapa teman bertanya ke aku apa saja yang harus mereka siapkan karena mereka berencana untuk liburan. Quoting their words “I am not saying that I am going to solo travel, but just in case”.

Pertanyaan-pertanyaan seperti itu bukan pertama kalinya dilemparkan ke aku, jadi kupikir aku bisa menjadikannya topic artikelku kali ini, Tips Solo Traveling untuk Cewek. Walaupun hampir semua ini yang akan aku bahas di sini adalah berdasarkan pengalaman pribadiku, aku nggak bisa bilang bahwa aku nggak pernah mengalami ketakutan dan kebingungan yang sama. dulu, a very long time ago, aku juga sama dengan kalian, ngetik di Google “Tips Solo Traveling untuk Cewek” atau semacamnya. Berharap mbah Google bisa membantu ngasi aku beberapa pencerahan agar aku berani solo traveling untuk pertama kalinya.

Jadi apa saja Tips Solo Traveling untuk Cewek? Keep reading ya!

  • Cek Tiket dan Barang Bawaanmu

Ini berlaku untuk kamu yang liburannya membutuhkan tiket pesawat (or train, bus, etc). Sehari sebelumnya kamu sudah harus memastikan maskapainya, waktu penerbangan kamu, dan jam check in kamu. Kembali mengecek semua ini akan memberikan kamu waktu untuk memastikan arrangement kamu yang lainnya sinkron, misalnya saja jam berapa kamu harus berangkat dari rumah, apakah kamu sudah menyiapkan semuanya di dalam luggage kamu atau belum, dan memastikan bagaimana kamu akan ke airport.

BACA JUGA: TIPS CANTIK SAAT TRAVEL

  • Be Well-Informed

Jika kamu mengunjungi suatu daerah tertentu di luar daerah kamu sendiri, maka jangan malas untuk mencari informasi mengenai budaya dan kebiasaan daerah tujuan kamu. Ini sangat penting menurutku. Ketahui sejak awal pakaian seperti apa yang umum diterima di sana, not saying that you have to dress exactly like them. Tapi setidaknya kamu harus tau cara berpakaian seperti apa yang mereka terima dan tidak, bagaimana kebiasaan mereka dalam berkomunikasi. Well kamu memang tidak akan hidup selamanya di sana, but it’s just nice to leave some good impression. Ya kan? Kamu tentu nggak mau pergi ke suatu tempat hanya untuk membuat orang lain merasa tidak nyaman atau kesal. Dan salah satu caranya adalah untuk menyesuaikan dengan budaya dan kebiasaan mereka.

Sebagai contoh, di Pulau Lombok, ketika kamu berbicara dengan orang tua maka kamu tidak akan menunjuk-nunjuk dengan tangan kiri.

Oh and I am gonna highlight and make this few sentences in English just in case one of you is an English speaker (or a foreigner). So in most places in Indonesia, especially Lombok, manner is an absolutely important part of their lives. You don’t point at stuff with your left hand or even worse, your foot. No that’s not how they do it. Been working in tourism industry for many years, I have seen people did that too many times. You don’t put your leg on the table, even at a restaurant. Your food and your hands are the only things that belong on the table. So please don’t do that. Of course it is not an obligation to bow to their culture, but it is always a sweet gesture to try to respect them, don’t you think?

  • Early Booking

Kamu sangat harus melakukan ini kalau kamu berencana solo traveling. Tiket sudah oke, kamu tau kamu akan tiba jam berapa. Bagaimana dengan hotel dimana kamu akan menginap dan transportasi kamu dari bandara/stasiun ke hotel?

Dua hal ini aku sarankan banget untuk kamu urus lebih awal. Kamu tentu nggak mau tiba di tempat baru, sendirian, dan kebingungan mencari hotel dan transportasi. Jadi bookinglah hotel dan transport di tempat tujuan kamu lebih awal. And one thing, jika memungkinkan hindarilah jam kedatangan malam hari. Carilah tiket dengan jam kedatangan siang atau sore. Ini memungkinkan kamu untuk tiba di hotel kamu lebih awal dan membantu kamu menghindari hal-hal yang mungkin sebelumnya menghentikan kamu dari keinginan melakukan solo travel.

  • Don’t Tell Anyone Where You Are Staying

Ini adalah demi keamanan kamu. Kamu mungkin akan berkenalan dengan sesama solo travel di destinasi liburan kamu, but remember, bukan ide yang bagus untuk memberitahu mereka dimana kamu menginap. Stay safe. Bukannya mau paranoid, tapi kamu nggak tau orang seperti apa yang akan kamu temui. The idea of meeting someone nice could be tickling your loneliness, tapi pleeeease jangan ajak siapapun ke hotel kamu. Once again, stay safe. You are far away from home.

Kamu mungkin membutuhkan bantuan orang lain, entah dalam hal apa. Atau mungkin kamu bertemu dan berbagi beberapa cerita dan pengalaman dengan seseorang di restoran. Tapi tetap jaga jarak dan biarkan semua interaksi dalam batas normal dan tidak membahayakan, ok? Keep your hotel for yourself.

  • Pastikan Batere Hp dan Powerbank Kamu Full at all times.

Another crucial point, terutama di malam/hari pertama kamu di tempat tujuan kamu. Kamu butuh hp kamu untuk bisa tetap berkomunikasi, baik dengan hotel tujuan kamu, driver, dan keluarga dan sahabat kamu di rumah. Saat dalam perjalanan menuju hotel, pantaulah GPS kamu apakah driver membawa kamu ke arah yang benar atau tidak. Trust your instinct.

Ketika kamu booking hotel, kamu bisa menanyakan apakah mereka menyediakan airport pick up atau tidak. Jika iya maka kamu tidak perlu terlalu kawatir. Tapi jika tidak, kamu harus arrange semuanya sendirian. And you would want to spend as less money and stay safe at the same time. Dengan GPS, jika kamu menggunakan taksi dengan argo, maka kamu bisa menegur driver kamu jika dia mengambil jalan berputar-putar untuk membuat kamu membayar lebih mahal. Selain itu, kamu bisa tau lebih awal apakah kamu butuh untuk menelpon seseorang atau tidak.

  • Stay Sober

Ini berlaku untuk kamu yang mungkin penyuka alcohol. Ketika kamu solo traveling, kamu butuh untuk tetap dalam kondisi terbaik kamu, yang artinya kamu perlu menghindari alcohol untuk sementara. Kamu butuh untuk tetap dalam keadaan sadar jika hal-hal yang tidak diinginkan terjadi.

Have fun, but don’t get wasted please! Kamu bisa melakukannya lain kali.

  • Bawalah Peluit dan Semprotan Merica

Goodness apalagi ini? Hahaha. Aku memang tipe cewek yang lebih suka mengatur dan memastikan semuanya aman buatku. Jadi dua hal ini sangat penting. Kamu nggak tau kapan kamu akan membutuhkannya. So bring them with you at all times.

  • Bring Enough Cash. Not Too Much, But Enough.

Kamu nggak selalu bisa menggunakan kartu debit, tidak selalu bisa menemukan ATM dengan segera. Jadi kamu membutuhkan uang cash. You might dislike the idea of having cash on your pocket, but you need it. Dan kalau kamu harus menukar mata uang lebih dulu, tukarlah di daerah asal kamu. Akan lebih baik daripada kamu menukarnya di airport, kamu bisa dapat jauh lebih sedikit uang lokal jika menukar di sana. Carilah tempat penukaran uang beberapa hari sebelum keberangkatan kamu dan tukarkan secukupnya.

Tips Solo Traveleng untuk Cewek
www.ladyjosman.com
  • Protect Your Document

Ini penting banget, lebih-lebih jika kamu liburan di luar negeri. Bawalah dokumen penting (KTP, passport, kartu ATM, dan lain-lain) kamu bersama kamu setiap saat. Jangan pernah meninggalkannya di manapun. Keep them close to you. Kamu juga harus membuat soft copy dari setiap dokumen tersebut dan menyimpannya di handphone kamu, dan hardcopy untuk disimpan di koper atau tas kamu. You might need them later.

  • Stay Humble and Low Profile

Jika kamu berada di tempat yang jauh dari rumah, dan sendirian, to stay humble and low profile is actually a good idea. Tentu saja kamu bisa menjadi dirimu sendiri, tapi ketika sedang  solo travel di tempat yang belum pernah kamu kunjungi, akan lebih baik kalau kamu tidak terlalu mencolok atau menjadi pusat perhatian. Wear less to no jewelry, be polite and blend in if necessary, jangan membuat kegaduhan dan sensasi yang tidak perlu. You don’t want to do that, trust me.

  • Be Part of a Group If You Must!

Setelah kamu tiba di tempat tujuan dan kamu merasa kurang nyaman untuk melakukan perjalanan wisata sendirian, kamu bisa mencari informasi tentang tour group yang sesuai dengan kamu. Solo traveling bukan berarti kamu harus melakukan semuanya sendirian. Tentu saja sesampainya kamu di tempat tujuan kamu kamu bisa mencari dan memilih aktivitas wisata yang sesuai dengan kamu dan kebutuhanmu, entah sendirian atau dalam grup bersama wisatawan lain.

  • Don’t Forget To Have Fun!

Last but not least, the obvious one, don’t forget to have fun. Kamu sedang berwisata, berlibur, bersenang-senanglah. Make the most of your travel. Daftar Main topic: Tips Solo Traveling untuk Cewek tentu nggak lengkap tanpa ini. Buatlah kenangan sebanyak mungkin. Kunjungi tempat-tempat yang sudah kamu list sejak awal, prioritaskan itu. Tapi jangan menutup diri dengan kemungkinan perubahan rencana.

Gimana? Sudah siap berangkat liburan sendirian?

Solo travel tidak semenakutkan itu kan? Dan kamu harus ingat, jangan sungkan untuk meminta bantuan orang lain ketika kamu memang benar-benar butuh. People might surprise you. Be nice, be kind, dan seharusnya kamu tidak akan kesulitan mendapatkan bantuan dan kamu akan jauh dari masalah.

Semoga tips-tips di atas bisa membantu ya. Atau buat kamu yang sudah terbiasa solo traveling, kamu juga bisa berbagi tips kamu di kolom komentar.

Happy holiday, everyone!

Main topic: Tips Solo Traveling untuk Cewek

Share this on

2
Leave a Reply

avatar
2 Comment threads
0 Thread replies
1 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
0 Comment authors
Recent comment authors
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
trackback

[…] BACA JUGA: TIPS SOLO TRAVELING UNTUK CEWEK […]

trackback

[…] 1. TIPS SOLO TRAVEL UNTUK CEWEK […]