MANFAAT TIMUN UNTUK KECANTIKAN

13
96
Share this on

MANFAAT TIMUN UNTUK KECANTIKAN

Main topic: Manfaat Timun Untuk Kecantikan

Timun sebenarnya apa sih? Buah atau sayur? Daripada pusing memikirkan timun ini sebenarnya sayur atau buah, lebih baik kita bahas manfaat timun untuk kecantikan. Bener nggak sih? Timun ini mungkin salah satu yang sangat mudah untuk didapat, harganya relatif murah, dan satu buah timun bisa dipakai untuk beberapa hal yang berbeda. Dimakan bisa, dibuat jus bisa, dan sekarang ada lagi nih. Timun bisa digunakan sebagai salah satu skincare alami untuk kecantikan kulit kita. Apa saja? Keep reading ya.

Manfaat Timun untuk Kecantikan
www.ladyjosman.com

Sebelum kita ke manfaat timun untuk kecantikan, berikut ini adalah beberapa hal yang perlu kamu tau tentang nutrisi di dalam timun.

Nutrition Facts of Cucumber (U.S Food and Drug Administration) Cucumber, with peel, raw
Serving size: 1/2 cup, sliced (52 g) Calories 8
  Calories from Fat 0 *Percent Daily Values (%DV) are based on a 2,000 calorie diet.
Amt per Serving %DV*   Amt per Serving %DV*
Total Fat 0g 0%   Total Carbohydrate 2g 1%
Cholesterol 0mg 0%     Dietary Fiber 0g 0%
Sodium 1mg 2%      Sugars 0g  
Protein 0g        
Vitamin A 1%   Calcium 1%
Vitamin C 2%   Iron 1%

(Source: Live Science)

Dari data di atas kita bisa lihat bahwa buah timun ini sangat rendah kalori, karbohidrat, sodium, lemak, dan kolesterol. Disebutkan oleh Angela Lemond, seorang nutrisionis dan juga spokeperson dari Academy of Nutrition and Dietetics, bahwa nutrisi terbanyak dari timun terletak pada kulit dan biji. Serat dan beta-karoten banyak terdapat di sini. Itu artinya makan timun nggak perlu dikupas ya. Cukup cuci sampai bersih saja. Dari artikel yang sama, Megan Ware menegaskan bahwa dalam 1 cup cucumber dengan kulitnya, kamu bisa mendapatkan 16 kalori dan 15 kalori jika tanpa kulit, 4% dari kebutuhan potassium harian kamu, 3% kebutuhan serat, dan 4% kebutuhan Vitamin C.

Fakta-fakta di atas adalah alasan kenapa buah timun sering digunakan sebagai makanan utama bagi orang yang sedang berdiet. Kalau kamu cari di Google, kamu akan menemukan beberapa idol Korea yang menjadikan timun sebagai menu utama diet mereka demi menjaga mereka tetap tubuh ideal. Nggak cuma kaya nutrisi dan rendah lemak, timun ini dipercaya bisa melancarkan buang air besar. But I am not saying you have to go to that level. No! Mungkin terlalu ekstrim ya. Tapi aku pribadi sangat suka timun. Aku nggak takut makan beberapa timun sekaligus dalam satu hari karena yakin banget nggak akan bikin gemuk (look at the nutrition facts chart!).

Ok, cukup tentang nutrisi timun. Mari kita kembali ke topic utama kita yaitu manfaat timun untuk kecantikan. Berikut ini adalah beberapa di antaranya.

BACA JUGA: CARA MENCERAHKAN KULIT SECARA ALAMI

  • Masker Mata

Ask your grandma, mungkin dia juga tau manfaat timun yang satu ini. Penggunaan timun sebagai masker mata ini sudah dilakukan sejak jaman dulu. Kalau kamu sedang mengalami mata panda, hitam, gelap, berkantung, lelah, kamu bisa menggunakan timun untuk mengatasinya. Iris  timun dengan ketebalan yang cukup, letakkan di atas kelopak mata dan biarkan selama kira-kira 20 menit. Rasa dingin dan kandungan air di buah timun akan mengurangi bengkak mata kamu sekaligus membuatnya relax dan lebih segar.

  • Rejuvenating Mask

Untuk penggunaan buah timun sebagai masker wajah, kamu bisa blender buah timun secukupnya. Tidak perlu ditambahkan air karena timun sendiri sudah mengandung banyak air. Cukup potong kecil-kecil saja agar mudah hancur. Bubur timun ini kemudian kita balurkan ke seluruh wajah dan diamkan selama kira-kira 20 menit. Untuk hasil lebih baik, kamu bisa menambahkan air lemon ke dalamnya. Kandungan vitamin C dari lemon dipadukan dengan timun akan meremajakan sekaligus mencerahkan kulitmu.

Manfaat Timun Untuk Kecantikan
Photo by Isabell Winter on Unsplash
Masker Timun
www.ladyjosman.com

Selain itu, timun juga bisa digunakan sebagai toner. Timun mengandung 95% air dan sangat mampu untuk menghidrasi kulit kita. Kulit yang lembab dan cukup terhidrasi akan membuat kulit kita terlihat lebih cerah dengan sendirinya.

  • Menghilangkan Selulit

Siapa yang nggak kesel dengan selulit di tubuh? Menyebalkan bukan? Tenang, untuk menghilangkannnya kamu bisa coba menggunakan luljur dari timun. Untuk membuat lulur timun, kamu bisa menghancurka satu buah timun atau secukupnya, tambahkan bubuk kopi dann satu sendok teh madu hingga membentuk pasta. Balurkan pasta ini ke bagian yang diinginkan kemudian tunggu sebentar sebelum digosok seperti lulur pada umumnya. Kamu bisa menggunakan lulur ini sesering yang kamu inginkan.

  • Kulit Terbakar

Kamu doyan ke pantai dan sering mengalami kulit terbakar? Sama. Aku juga. Menderita banget dongs. Panas terkelupas, merah. Urggghh.. Untunglah ada timun di rumah. Bukan cuma aloe vera yang punya manfaat untuk kulit terbnakar, tapi juga buah timun. Cukup tempelkan irisan timun di bagian kulit yang terbakar dan kamu bisa langsung merasakan sensasi dinginnya, dan tentu saja tanpa rasa gatal dan rasa seperti disulut gitu ya. Aman deh pokoknya.

  • Menyehatkan rambut

Kamu tau nggak sih bahwa minum jus timun sangat bagus untuk rambut? Aku juga baru tau kok. Maklum deh ya kurang update. Aku sangat suka minum jus timun tapi nggak tau kalau ternyata timun ini ada manfaatnya untuk rambut. Jus timun bisa mengurangi rambut rontok sekaligus membuat rambut kita lebih lembut dan berkilau. Selain dalam bentuk jus, kamu juga bisa menggunakan timun dalam bentuk masker rambut.

Campurkan bubur buah timun dengan olive oil dan satu buah telur kemudian gunakan sebagai masker rambut selama 10 menit. Bilas hingga bersih.

Cara Merawat Rambut-Lady Josman
Manfaat Timun Untuk Kecantikan Rambut
www.ladyjosman.com

Nah di atas adalah beberapa alasan kamu harus mulai menyediakan stock timun di rumah kamu. Timun ini bagus banget untuk tubuh, dan sekaligus untuk kecantikan. More than enough reason to start loving cucumber, I suppose.

Bagaimana denganmu? Apakah kamu juga menggunakan timun untuk merawat kecantikan kamu? Share pengalaman dan tips-tips kamu di kolom komengtar ya.

Sharing is caring, and I personally love reading your comments!

Stay healthy and beautiful, Love!

Main topic: Manfaat Timun Untuk Kecantikan

Share this on

13
Leave a Reply

avatar
13 Comment threads
0 Thread replies
1 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
12 Comment authors
EsyKhairun NisadianaIcha - www.south-skin.comMelissa Olivia Recent comment authors
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
P. Desi
Guest

Aku selalu kembali ke timun jika membutuhkan “relaxing my eyes and face”
Thanks for sharing, Kak🙌🏻

trackback

[…] Baca Juga: Manfaat Timun untuk Kecantikan […]

Alfia Widati - Fiarevenian
Guest

Jadi inget artis Kpop yang sampe diet cuma makan timun doank sehari 2x. Pantes kurus yak? Wkwkwkwk… #KBBVmember

Irene
Guest

Timun selamaini cm gw manfaatin buat makan sama sambel pete! Coba masker ketimun deh..kykny enak tu adem2 #kbbvmember

Kornelia Luciana
Guest

Pantesan aja ya setiap drama korea selalu pakai timun. Ternyata khasiatnya banyak ya 😍 #kbbvmember

Carnellin
Guest

timun bagus juga untuk detox ya dan aman pula #KBBVMember Carnellin

Gadis - GADZOTICA
Guest

Aku suka makan timun tapi jarang langsung tempel ke kulit. somehow kadang aku ngerasa kulitku gatel-gatel kalo kelamaan pake bahan timun alami. Lebih prefer pisang biasanya #kbbvmember

winda - www.dajourneys.com
Guest

aku kok jadi laper ya liat timun sebanyak itu hahahaa kayaknya dibikin acar enak *eh #KBBVMember

Melissa Olivia
Guest

Dulu waktu muka masih byk jerawat pernah coba juga nih pake masker timun. Tp aku ga suka baunyaaa #kbbvmember

Icha - www.south-skin.com
Guest

kalo ke kulit, palingan aku pakai buat mata. tapi buat perut sering aku cemilin kalo lagi nggak boleh makan banyak kalori haha #kbbvmember

diana
Guest

thanks,
berkat post ini aku teringat kembali bahwa dulu kala aku sering pake timun agar kantung mataku yang punya kantung mata ini agak mendingan ga dark2 amat

-diana anna #kbbvmember

Khairun Nisa
Guest
Khairun Nisa

Timun ini buah apa sayur yaa, aku suka di parut trus campur jeruk gitu bijinya aku jadiin masker dingin #kbbvmember

Esy
Guest

Ternyata selain buat dilalap banyak bgt manfaat timun yah #kbbvmember