TANGGAL KADALUARSA SKINCARE: APA ARTINYA?

TANGGAL KADALUARSA SKINCARE: APA ARTINYA?

Share this on

Main topic: Tanggal Kadaluarsa Skincare: Apa Artinya?

APA ARTI TANGGAL KADALUARSA?

I have to be honest, aku nulis artikel mengenai tanggal kadaluarsa skincare ini setelah menonton sebuah video dari American Vlogger yang nyari-nyari makanan sisa restoran dengan timnya untuk kemudian disalurkan ke orang-orang yang membutuhkan. Dan yang lebih mengejutkan lagi adalah mereka-mereka ini sering banget sengaja beli makanan atau produk yang mendekati tanggal kadaluarsa, and according to them, it is safe. Alhasil mulailah aku mencari beberapa informasi mengenai tanggal kadaluarsa produk, not just on food, but also on makeup and/or skincare product. Sebenarnya tanggal kadaluarsa ini apa sih? Para produsen makanan, obat, skincare, atau makeup menentukannya bagaimana? Keep reading to find out.

Tanggal Kadaluarsa Skincare-Skincare Kadaluarsa
Photo by Charisse Kenion

Selain ingredients suatu produk, yang paling penting yang selalu kita lihat pertama adalah tanggal kadaluarsa. At least aku pribadi seperti itu. Seperti yang aku bilang, nggak cuma berlaku saat aku beli makanan, beli skincare atau personal care lainnya pun juga begitu. Ada banyak istilah yang digunakan produsen/manufacturer di dalam kemasan yang berkaitan dengan tanggal kadaluarsa. Di antaranya adalah berikut ini (1).

  • Sell-by

Istilah ini mungkin nggak bisa kita temukan di semua produk, terutama di negara kita tercinta Indonesia (Duh maaakk bahasanya). Should you find a product with this sign, this is what it means: Ini adalah tanggal yang digunakan untuk penjual tempat kita membeli produk tersebut. Tanggal ini menunjukkan tanggal atau jangka waktu berapa lama suatu produk “sebaiknya” dipajang di display. And for us, buyers, sebaiknya kita membeli produk yang belum melewati tanggal ini.

  • Best Used Before atau Sebaiknya Digunakan Sebelum

Ini istilah yang pastinya akrab sekali untuk kita. Istilah ini menunjukkan kapan suatu produk masih dalam masa paling baik, efektif, dan segar untuk dikonsumsi atau digunakan. Yang perlu diperhatikan adalah bahwa tanggal ini tidak menunjukkan batas aman untuk mengkonsumsi suatu produk ya, tanggal ini cuma menunjukkan  kapan suatu produk berada pada kualitas terbaiknya.

  • Use By

Kadang ya kita suka beli produk terus ditimbun atau malah lupa dipakai atau dimakan kalau itu makanan. Iya nggak sih? Terus tiba-tiba pas ngeliat tanggal Use By-nya, eh udah lewat. Nah gimana dong? It’s still safe, fellas! Tanggal ini tidak menunjukkan bahwa produk sudah tidak aman untuk dipakai jika lewat dari tanggal yang dicantumkan ya, tapi untuk mendapatkan kualitas terbaik maka disarankan penggunaannya adalah sebelum tanggal ini.

  • Closed or Coded Dates

Istilah-istilah ini biasanya ada di produk-produk luar. Maksudnya apa sih? Tanggal ini menunjukka kapan produk dipacking dan dikirim dari pabrik atau manufacturer. Ada petunjuk khusus nggak sih untuk mengenali tanggal ini? Ada dong. Biasanya Closed/Coded Dates terlihat seperti ini: 045B97 Desember 5, 2018.

  • Period After Opening (PAO)

Kamu tentu tau bahwa nggak semua produk punya tanggal kadaluarsa. Di US sendiri hanya produk-produk yang dianggap obat oleh FDA saja yang diharuskan untuk mencantumkan tanggal kadaluarsa. Nah kalau kamu nemu produk seperti itu, don’t be alarmed. Kamu bisa mencari keterangan PAO-nya yang biasanya tertulis “24M”, yang artinya produk masih aman digunakan 24 bulan setelah kemasan dibuka. Lebih dari itu? It is not recommended to use the product. Just toss it away alias buang jauh-jauh ya.

The bad news is, istilah sebanyak ini pun masih belum bisa menunjukkan secara pasti batas aman waktu pemakaian suatu produk. Lalu bagaimana dengan skincare atau makeup kita? Masih bisakah digunakan setelah melewati tanggal kadaluarsa? If you care about your skin, jawabannya adalah “tidak”. Masih ingat blogpost aku sebelumnya tentang cara penyimpanan skincare?

Yup, untuk membuat skincare kita bertahan dan tetap efektif untuk digunakan saja perlu cara penyimpanan yang benar. Begitu kita membuka kemasannya, maka perhitungan waktu dimulai. Hahaha. Suhu, oksidasi karena terekpsos udara, kelembaban, semua ini mempengaruhi keefektivan produk skincare kita. Let alone expiration date. Seperti yang disebutkan di atas, tanggal kadaluarsa skincare (dan produk-produk lainnya) sebenarnya bisa berarti kapan suatu produk efektif untuk digunakan. But for some product, you don’t want to risk it. Mungkin untuk produk-produk seperti parfum setelah tanggal kadaluarsa aromanya akan berbeda dengan saat kita membelinya pertama kali. Dan untuk produk lainnya, let’s say moisturizer or sunscreen, penggunaan setelah tanggal kadaluarsa mungkin bisa menimbulkan reaksi alergi dan iritasi kulit.

Note: Menggunakan indera kita adalah salah satu yang juga disarankan dari si pembuat video yang aku sebutkan di bagian awal artikel ini. Percayalah pada indera kita. Ketika produk skincare kita sudah berubah warna, tekstur dan bau, bahkan walaupun belum melewatir masa kadaluarsa kita sebaiknya jangan menggunakannya lagi. Dan satu lagi, produk-produk natural lebih cepat rusak dibanding produk-produk yang menggunakan pengawet. Jadi kita juga harus jeli memperhatikan ini ya. Jangan cuma mengandalkan tanggal kadaluarsa skincare yang dicantumkan aja.

KAPAN PRODUK SKINCARE HARUS BERHENTI DIGUNAKAN?

I know what you’re thinking, kamu pasti ingin tau guidelines untuk mengetahui berapa lama kita bisa menyimpan produk skincare kita. Lebih-lebih kalau tanggal kadaluarsa skincare yang kamu beli nggak tercantum di kemasan. Keep scrolling.

Di dalam sebuah artikel (2), disebutkan bahwa seorang ahli skincare dan makeup bernama Paula Begoun, The Los Angeles Times dan Real Simple sepakat mengenai kapan suatu produk skincare dan personal care lainnya harus dibuang atau tidak digunakan lagi. Guideline ini bisa kita gunakan jika kita ragu terhadap tanggal-tanggal kadaluarsa yang tercantum di dalam kemasan produk.

SKINCARE DAN HAIRCARE

  • Moisturizer, krim wajah, dan krim mata: 6 bulan sampai 1 tahun.

Sepertu yang aku sebutkan sebelumnya, skincare yang sudah melewati tanggal kadaluarsa bukan hanya menjadi tidak efektif lagi untuk kulit, tapi bisa saja menimbulkan reaksi alergi dan iritasi, atau bahkan infeksi dari bakteri tertentu. Serem dong ya. Lebih khusus lagi disebutkan baha produk yang dikemas dalam bentuk jar bisa disimpan dalam jangka waktu 6 sampai 9 bulan saja.

BACA JUGA: CARA MENYIMPAN SKINCARE DENGAN BENAR

  • Sunscreen : 1 tahun.

Produk sunscreen biasanya memiliki tanggal kadaluarsa, dan umumnya adalah satu tahun. If not, maka ikuti tanggal kadaluarsanya ya. Kalau sudah kadaluarsa, jangan digunakan lagi.

  • Anti-Aging dan Anti-Acne Product: Bisa disimpan sampai 1 tahun, tergantung ingredients.

Berdasarkan laporan The New York Times, anti-acne cream biasanya mengandung Benzoyl Peroxide dan bisa digunakan sampai 3 bulan setelah kemasan dibuka. And as I mentioned in my previous blogpost, produk-produk yang mengandung antioksidan seperti Vitamin C, retinol, dan glycolic acid sangat gampang rusak entah karena penyimpanan yang salah atau ekspos terhadap udara atau matahari dan suhu tinggi. Jadi walaupun tanggal kadaluarsa skincare kamu yang mengandung bahan-bahan ini belum lewat, tapi kalau sudah berubah aroma dan tekstur, sebaiknya jangan dipakai lagi.

  • Shampo dan Kondisoner

Produk-produk shampoo, kondisioner, atau hair styling product bisa bertahan sampai 2 tahun setelah kemasan dibuka, dan 3 tahun jika kemasan masih tersegel. Jika sudah dibuka, tutup rapat kembali kemasan agar tidak kemasukan air dan udara lembab agar bisa bertahan lama dan bisa bekerja dengan efektif.

TOILETRIES

  • Deodorant/Anti-perspirant

Produk ini biasanya memilik tanggal kadaluarsa tercantum pada kemasannya, tapi jika tidak, note this, kita bisa menyimpannya selama 3 tahun lho. Lumayan lama ya. As long as we store it correctly. Ditutup rapat setelah dibuka dan disimpan dengan baik, tidak terkena suhu panas, dan tidak disimpan di udara lembab kamar mandi.

  • Pasta Gigi

Pasta gigi bisa bertahan selama 2 tahun setelah tanggal manufacturing. Atau untuk tau kapan batas waktu terbaik menggunakan sebuah produk pasta gigi, kita bisa lihat tanggal kadaluarsa karena biasanya produsen pasta gigi juga sudah mencantumkan tanggal kadaluarsa pada kemasan.

  • Sabun

Sabun mandi kita, baik itu yang dalam bentuk bar maupun liquid, bisa bertahan selama 3 tahun.

MAKEUP DAN PARFUM

Cara Menyimpan Skincare Dengan Benar

  • Parfum/Cologne

Parfum/Cologne bisa bertahan selama 2 tahun. Nggak penting botolnya sebagus apa, parfum kita mesti kita jauhkan dari udara yang terlalu lembab atau terlalu panas ya. Selain supaya parfum bisa bertahan lama, juga supaya aromanya tidak berubah.

  • Mascara dan Liquid Eye Liner

Dua produk ini nggak bisa bertahan lama setelah dibuka, biasanya hanya sampai 3 bulan. Or… Kalau produk ini sudah kering dan/atau menimbulkan rekasi gatal atau iritasi lain pada bagian sekitar mata, well ladies, itu artinya produk ini harus dibuang. Waktunya beli yang baru.

  • Foundation Cair dan Concealer

Produk ini pasti kita sayang banget dong ya. It is the magic product for beauty enthusiast. Tapi masa bertahannya relatif sebentar, hanya 6 bulan sampai 1 tahun saja. More than that? Toss it away or use your best judgement.

Tanggal Kadaluarsa Skincare

  • Lipstick dan Lipgloss

My holy product! LOL. Dan aku seneng banget tau bahwa lipstick dan lipgloss bertahannya bisa cukup lama ya, 2 sampai 3 tahun. Not that one lipstick can stay that long on my vanity tho, beberapa bulan juga habis. Hahahah.

  • Lip pencil bisa bertahan selama 3 sampai 5 tahun
  • Nail Polish: bisa bertahan 1-2 tahun.

So, sudah siap bongkar vanity dan tas make up kamu belum? Jangan sampai kamu masih menyimpan skincare dan makeup yang sudah kadaluarsa ya. Perhatikan tanggal kadaluarsa skincare kamu. Let me know what you find on the comment section.

Stay beautiful and healthy!

BACA JUGA: CARA MENYIMPAN SKINCARE DENGAN BENAR

Source Of Information

(1) Greatist

(2) LifeHacker

Main topic: Tanggal Kadaluarsa Skincare: Apa Artinya?

Share this on

14
Leave a Reply

avatar
14 Comment threads
0 Thread replies
0 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
14 Comment authors
Icha - www.south-skin.comNindy - SILVER TREASURECarnellin YulyantiAlfia Widati - FiarevenianGadis Permatasari Recent comment authors
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
Esy
Guest

mungkin maksudnya PAO ya bukan POA hehehe. Tapi dulu aku gak terlalu perhatiin sih soal ini. Selama gak bau atau berubah tekstur mah masih terus aja dipake. Skrg2 aja lebih care sama hal ini

#kbbvmember

Natasha
Guest

aku juga nga terlalu merhatiin POA nih selama produknya masih blm berubah bau atau warna heheheh guilty as charged #kbbvmember

winda - www.dajourneys.com
Guest

aku sih kl packagingnya lucu, udah exp juga masih kusimpan hahahaa lumayan buat prop foto soalnya #kbbvmember

Kornelia Luciana
Guest

Aku juga sekarang udah mulai nulis kapan buka produk supaya gak kelupaan udah berapa lama setelah dibuka 😀 #kbbvmember

Tami Oktari
Guest

Nah makanya aku jarang banget beli banyak maskara soalnya cuma bisa dipakai 3 bulan huhu #kbbvmember

Lidya Natalia - Luella Artistry
Guest

wagelaseeeh.. ini penting banget buat nambah pengetahuan.. aku jarang banget merhatiin yg PAO.. #kbbvmember

Melissa Olivia
Guest

Paling susah igetin kadaluarsa skincare n makeup karena gak semua produk canumin pao di kemasannya, biasanya cuma di dus luar yg pastinya sering kita buang. Hahaha… skr aku suka tulisin di packagingnya kapan mulai dibuka itu produk biar inget. #kbbvmember

Sani MS
Guest

Wii pwnting banget sih ini, pantesan aja minyak wangi aku yang harganya mahal sekarang udah gak wangi lagi. Ternyata emang udah 2 tahunan kalau dipikir-pikir -,- #kbbvmember

Sekar
Guest

Dulu suka males perhatiin yang penting belum expired atau belum 2 tahun dari manufacture date. Tapi sekarang aku kasi label juga tanggal berapa dibuka biar bisa menyesuaikan period offer openingnya #kbbvmember

Gadis Permatasari
Guest

Nah ini, produk yg pake sistem PAO kadang bikin was-was juga sebenernya. Karena dari seller g tau udah ngendon berapa lama kan. Untungnya yg sistemnya PAO yg kupunya cuma makeup aja dan g bermasalah. Dan kayaknya sebelum PAO abis pun, udah tergoda beli produk lain lagi hahaha #kbbvmember

Alfia Widati - Fiarevenian
Guest

Nah kalau best use ini sebetulnya masih susah edukasi. Terutama orang-orang uda terbiasa dengan expired date. Aku pun sendiri kalau nemu makanan atau produk yang ada tanggal best use itu aku anggap sebagai expired date. Soalnya ga mau ambil resiko juga sih. Apalagi kalau makanan macam roti yg suka dijual di minimart itu sukaan masa terbaik biasanya maksimal 3 hari sejak tanggal produksi. #KBBVmember

Carnellin Yulyanti
Guest

Iyaaa jadi makanan minuman kosmetik semua yg ada expired nya pernah dibahas juga di TV Jepang dan pengertiannya beda ternyata #KBBVmember Carnellin

Nindy - SILVER TREASURE
Guest

Kamu sendiri ngikutin panduan kadaluarsa di atas nggak? #kbbvmember

Icha - www.south-skin.com
Guest

Aku sekarang ini pasti nulis tanggal kapan produk itu dibuka supaya nggak lewat masa PAO-nya. Pernah sekali kelewatan, eh jadinya gatel-gatel haha #kbbvmember

Back to Top