CARA MENYIMPAN SKINCARE DENGAN BENAR

CARA MENYIMPAN SKINCARE DENGAN BENAR

Share this on

Main topic: Cara Menyimpan Skincare dengan Benar

CARA MENYIMPAN SKINCARE DENGAN BENAR

Hi! I am back.

Di bagian akhir blog post aku sebelumnya aku mengangkat sebuah pernyataan dari produsen skincare yang menyinggung tentang menyimpan skincare di dalam kulkas. Berdasarkan hal itu maka aku sudah kembali berkelana, doing some research to find some useful guidance for you, yaitu tentang bagaimana cara menyimpan skincare dengan benar. Nggak mau dong skincare mahal kamu malah jadi nggak efektif gara-gara penyimpanan yang salah. Dan yang jadi headlinenya adalah bahwa nggak semua jenis skincare harus disimpan di kulkas lho ya. Penyimpanan yang baik dan benar bisa membuat skincare bekerja dengan efektif dan bertahan lebih lama. Terus apa saja yang harus disimpan di kulkas? Yang disimpan di suhu kamar yang mana saja? Keep reading to find out!

JAUHKAN DARI KAMAR MANDI

Basic banget, I know. Tapi banyak juga orang yang menyimpan skincare di kamar mandi. Ini adalah tipe orang-orang yang melakukan “semuanya” di kamar mandi. Kamu pasti pernah lihat di film-film, beberapa pemeran wanitanya berdandan di kamar mandi. Well kalau kamu mau produk perawatan kulit kamu awet dan efektif, kamu harus jauhkan dari kamar mandi. Lebih-lebih kalau kamu active mandi dengan air panas. Suhu hangat dan panas bisa membuat bahan-bahan yang ada di dalam skincare kita terurai dan rusak. Belum lagi bakteri yang tentu banyak bersarang di kamar mandi ya. No matter how clean you think your bathroom is, you don’t want to risk it.

SKINCARE YANG HARUS DISIMPAN DI KULKAS

Beberapa ingredients di dalam skincare bisa tahan lebih lama dalam suhu rendah. Contohnya adalah Vitamin C dan retinol. Banyak produk kecantikan dan skincare yang bahan aktifnya adalah Vitamin C dan retinol, dan biasanya terdapat dalam bentuk serum. Kamu pernah perhatikan nggak gimana biasanya botol-botol serum pada umumnya atau serum dengan Vitamin C pada khususnya? Yup! Biasanya botolnya berwarna gelap. Ini adalah untuk menghindari cahaya dan suhu. Terlalu banyak cahaya dan suhu yang tinggi bisa merusak Vitamin C dan tentu saja manfaat dari skincare kita. Nah jenis-jenis skincare sepeti inilah yang dianjurkan untuk disimpan di dalam kulkas. Cuma aja kamu harus atur suhunya juga ya, jangan sampai terlalu dingin! Perubahan suhu yang ekstrim juga tidak bagus untuk skincare kamu, no need to mention that your oil based product can be hard to use as it is frozen later on. Ini adalah salah satu kontra dalam penyimpanan skincare di dalam kulkas.

So by the way, bagaimana dengan natural product? Well menyimpan di dalam kulkas untuk beberapa produk skincare yang sudah memiliki pengawet sangat direkomendasikan, begitu juga halnya dengan skincare dengan bahan 100% natural. Saat kamu membeli atau membuat skincare ini mungkin saja dalam beberapa waktu masih bisa tahan, in term of drugstore product mungkin saat kita membelinya produk ini masih memiliki pengawet. Tapi setelah kita bawa pulang, kita buka, dan kita pakai, kita butuh menyimpannya di dalam kulkas supaya bisa tahan lama.

BACA JUGA: TIPS ALAMI MERAWAT KULIT

Selain dua jenis skincare di atas bagaimana cara menyimpannya? Pada intinya, produk-produk skincare yang water based, misalnya toner, mists, dan masker tidak diharuskan untuk disimpan di dalam kulkas. Buuuttt still is recommended. It is to give some fresh sensation when you put it later on your skin, which is of course very relaxing and good.

Cara Menyimpan Skincare Dengan Benar

And oh, no matter what you do with your perfume and lipstick, jangan pernah menyimpannya di tempat panas, misalkan mobil yang terparkir di lapangan parker terbuka. Lipstick bisa menjadi lembek, dan parfum kamu bisa berubah aroma karena beberapa ingredientsnya meluruh atau terurai. Just take them with you in your bag kalau kamu sedang bepergian. Jangan ditiggal di dalam mobil.

So I said keep your Vitamin C and retinol based serum in the fridge, right? Gimana dengan serum yang lain? Nah untuk serum-serum atau oil based skincare lainnya kamu bisa menyimpannya dalam suhu kamar. Just make sure kamar kamu nggak terlalu panas dan simpanlah jauh dari sinar matahari, means jangan di dekat jendela ya.

Notes:

Menyimpan skincare di dalam kulkas tujuannya bukan untuk menunda waktu kadaluarsa produk tersebut. Tapi untuk mengoptimalkan keawetan yang sudah didesain oleh produsennya. Jadi kalau memang produk skincare kamu sudah kadaluarsa, kamu tetap harus membuangnya ya meskipun selama ini kamu menyimpannya di kulkas.

Are you ready to move some of your skincare in to the fridge now?

Cara Menyimpan Skincare dengan Benar
Photo by Ernest Brillo

Main topic: Cara Menyimpan Skincare dengan Benar

 

Source of Information:

The Klog

The Fashionisers

Share this on

14
Leave a Reply

avatar
14 Comment threads
0 Thread replies
0 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
12 Comment authors
Rani OktaviaLily KanayaCarnellinwinda - www.dajourneys.comIndira W Recent comment authors
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
Kornelia Luciana
Guest

Nice artikel, baru tahu ternyata gak semua skincare bisa ditaro dikulkas ya. Makasih infonya ya 💞 #kbbbmember

Melissa Olivia
Guest

Nice info, tapi aku sendiri ga nyimpen di kulkas sih. Kecuali obat dokter yg emang harus disimpan di kulkas hehe #kbbvmember

Angelika w
Guest

Infonya bagus beberapa kosmetim aku taruh di kulkas n kamar aja sih #kbbvmember

Angelika w
Guest

Infonya bermanfaat, ak jg simpen di kulkas atau kamar aja sih #kbbvmember

Xiao Vee
Guest

Wah aku jg suka nyimen masker di kulkas, ademm 💖

#kbbvmember

Esy
Guest

berarti kudu punya kulkas yg khusus kosmetik dong yaaa. Kalo ngga ntar bau hehehhe

Fazirotul Firdaus
Guest

Aku dulu juga nyimpen serum vit c di kulkas sebelum kemalasan melanda😂. Akhirnya cuma aku simpen di kamar dan serumnya berubah warna dong, trauma akutu #kbbvmember

Luella Artistry
Guest

waaah aku suka taro skincare di kamer mandi wkwkwk.. ternyata ga boleh yaa. #kbbvmember

Indira W
Guest

Baru beberapa bulan ini aku nyoba pakai vitamin C dan jadi kepikiran buat beli kulkas untuk skin care biar nggak cepat teroksidasi.

#kbbvmember

winda - www.dajourneys.com
Guest

aku tu udah lama pengen punya kulkas kecil buat skincare tapi masih maju mundur cantik hahahaa #kbbvmember

Carnellin
Guest

iya avoid sunlight, avoid panas, dan jaga kondisi suhu produk #KBBVMember

Lily Kanaya
Guest

Dulu pernah ninggalin lipstick bullet di mobil, terkena sinar langsung karena letaknya di dasboard dan alhasilnya ga bisa dipake lagi , meleleh hehe

#kbbvmember

Rani Oktavia
Guest

Aku malah nyimpen sheet mask dalam kulkas, biar pas dipake dingin2 gitu hehe
#kbbvmember

trackback

[…] BACA JUGA: CARA MENYIMPAN SKINCARE DENGAN BENAR […]

Back to Top