KOLAGEN DAN MANFAATNYA UNTUK KULIT

KOLAGEN DAN MANFAATNYA UNTUK KULIT

Share this on

Main topic: Kolagen dan manfaatnya untuk kulit

  • APA ITU KOLAGEN?

Kolagen adalalah salah satu protein yang jumlahnya paling banyak di dalam tubuh kita dan berperan dalam member struktur pada rambut, kulit, kuku, tulang, ligament, dan tendon. Kolagen inilah yang memungkinkan kita untuk bergerak dengan nyaman dan membuat rambut, kulit, serta kuku kita bersinar dan tetap kuat.

Kolagen merupakan protein yang terdiri dari 18 asam amino dimana 8 di antaranya termasuk dalam 9 asam amino esensial dalam tubuh, di antaranya adalah glycine, proline, dan hydroxyproline yang merupakan komponen utama yaitu sekitar 50%. Kandungan glycine dan proline di dalam kolagen 10-20 kali lebih banyak dibandingkan di dalam protein lain. Selain itu kolagen juga mengandung  arginine. Kandungan asam aminonya yang sangat tinggi inilah yang membedakannya dengan protein lainnya di dalam tubuh (1). Kolagen ini dapat dengan mudah dicerna dan digunakan oleh tubuh kita.

Terdapat setidaknya 16 tipe kolagen, dan 80-90% di antaranya adalah kolagen tipe 1, 2, dan 3. Kolagen tipe 1 ini sangat elastis dan bisa ditarik, dan dengan massa yang sama bisa lebih kuat daripada baja (2).

  • MANFAAT KOLAGEN

Kandungan asam amino yang sangat tinggi seperti yang sudah disebutkan di atas menyebabkan kolagen sangat bermanfaat bagi kita. Simak ulasannya ya.

  • Kolagen dan Kulit

Kolagen sangat berperan pada kesehatan dan keindahan kulit kita. 70% protein yang terdapat dalam kulit kita merupakan kolagen. Kolagen inilah yang memungkinkan kulit kita tetap sehat, kenyal, dan lembab. Seiring usia produksi kolagen dalam tubuh kita berkurang sehingga sangat logis jika kita memperhatikan supply kollagen kita jika ingin kulit kita tetap bersinar, kenyal, dan elastis. Dan dalam kasus wanita, produksi kolagen akan semakin jauh berkurang saat kita mengalami menopause.

Di dalam lapisan epidermis kulit, atau di bawahnya, kolagen membantu membentuk jaringan sel yang disebut fibroblast dimana sel-sel baru tumbuh (2). And it also can help replacing and restoring dead skin cells.

  • Kolagen dan tubuh

Beberapa kolagen berfungsi melindungi bagian-bagian tubuh yang lunak seperti ginjal. Selain itu, kolagen merupakan penyusun ligament dan tendon yang memungkinkan setiap sendi dan tulang menyambung satu sama lain.

  • MAKANAN YANG MENGANDUNG KOLAGEN

Untuk mengatasi kekurangan kolagen baik karena usia maupun karena faktor lain, ada beberapa makanan yang bisa kita konsumsi untuk menambah atau meningkatkan produksi kolagen di dalam tubuh kita. Apa sajakah mereka? Berikut listnya.

Baca juga: Everwhite Hi Collagen

Where to get the product: www.everwhite.co.id

  • Untuk menambah konsentrasi proline, kita bisa mulai menambah konsumsi telur, daging, keju, kedelai, dan kol.
  • Vitamin C bisa kita dapat dari buah jeruk, strawberry, dan bahkan brokoli.
  • Vitamin A bisa kita peroleh dari ubi, wortel, apricot, keju, minyak ikan, paprika merah, mangga, pepaya, dan lain-lain.
  • Anthocyanidines bisa diperoleh dari buah ceri, blackberry, raspberry, dan blueberry.
  • Alpha-Hydroxy Acid (AHA) bisa diperoleh dari jeruk, apel, anggur, dan lain-lain.

Maker Pemutih Kuit Alami

  • HOW TO PREVENT COLLAGEN LOSS?

Menurutku ini penting banget untuk kita ketahui. Kita memang bisa selalu membeli suplemen, ke salon untuk mendapatkan treatment khusus kolagen, tapi mencegah lebih baik daripada mengobati kata orang. (Does it even apply here? Hahaha). Nah ini adalah beberapa hal yang bisa menyebabkan kehilangan atau kerusakan kolagen dalam tubuh, and you may want to avoid them.

  • Konsumsi gula

Konsumsi gula berlebih bukan hanya bisa menghancurkan rencanamu untuk menjaga berat dan bentuk tubuh kamu, tapi juga merusak kolagen dalam tubuh kamu. Kok bisa? Konsumsi gula yang tinggi meningkatkan proses yang disebut glycation, yaitu dimana gula di dalam darah malah attach ke protein dan membentuk molekul baru yang membuat protein sekitarnya rusak, salah satunya adalah kolagen. Kolagen menjadi kering dan lemah.

  • Rokok

Oh this is never good for you. For us. Kandungan-kandungan kimia dalam rokok bisa merusak kolagen sekaligus elastisitas kulit. Nikotin dalam rokok juga bisa mempengaruhi nutirients and oxygen delivery ke kulit kita.

  • Sinar matahari

Sinar UV yang berasal dari sinar matahari bisa menyebabkan kolagen terurai lebih cepat sehingga menyebabkan kerusakan pada kolagen, dan menyebabkan keriput.

Dilematis banget yah. Jadi mari kita sama-sama menjaga kolagen di dalam tubuh kita. Jangan sampai kita terlihat tua sebelum waktunya ya. Peace!

Stay healthy and beautiful guys!

Main topic: Kolagen dan manfaatnya untuk kulit

Share this on
Back to Top