URUTAN PENGGUNAAN SKINCARE

URUTAN PENGGUNAAN SKINCARE

Share this on

Main topic: Urutan penggunaan skincare

Skincare Product

Skincare saat ini menjadi salah satu jenis produk yang paling mudah kita dapatkan. Hampir semua brand produk kecantikan juga mengeluarkan seri skincare. Tapi tahukah kamu urutan menggunakan sekian banyak skincare yang kamu beli? Jika belum, di dalam artikel ini kamu akan menemukan urutan umum bagaimana menggunakan skincare.

Memangnya urutan penggunaan skincare product itu penting? According to a dermatologist surgeon Dr. Heather Rogers dalam sebuah artikel (1), ini sangat penting. Mengaplikasikan produk skincare dengan urutan yang benar memungkinkan kulit kita mendapatkan manfaat dari setiap produk dengan maksimal. Dia juga menyebutkan bahwa secara umum, urutan menggunakan skincare adalah dari produk yang paling encer ke produk yang paling kental. Keep reading for the details.

Note: beberapa urutan pemakaian bervariasi untuk skicare routine pagi dan malam hari. Skincare pagi umumnya juga diformulasikan untuk melindungi kulit dari sinar matahari. Sedangkan skincare malam diperuntukkan agar memperbaiki/meregenerasi kulit.

DAY SKINCARE

  1. Cleanser

Face cleanser digunakan lebih dulu. Pilihlah face cleanser sesuai jenis kulitmu dan gunakan untuk membersihkan wajah di pagi hari. Dan kalau kamu adalah pengguna makeup, kamu bisa menggunakan makeup remover sebelum menggunakan face cleanser.

  1. Toner

I personally don’t use toner, but if you do, you are going to use it after the cleanser. Beberapa toner terlalu “keras” untuk kulitku, dan sampai saat ini aku masih belum menemukan toner yang tidak membuat kulitku kering atau iritasi. And I am fine without it. Tapi tidak semua orang bisa melewatkan toner. Beberapa face cleanser membuat pH kulit menjadi lebih basa sehingga toner diperuntukkan agar menormalkan kembali pH/keasaman kulit.

  1. Serum

If you have serum in your list, maka gunakanlah setelah toner. Serum umumnya dibuat untuk mengatasi masalah tertentu pada kulit, sangat kaya nutrisi dan biasanya bertekstur kental. Meskipun ada banyak jenis serum di pasaran, namun untuk siang hari disiarankan menggunakan serum yang mengandung antioksidan. Serum jenis ini juga mampu melindungi kulit kita dari sinar UV yang dapat merusak kulit.

Baca juga: Serum C DermaLabs

  1. Eye Cream

Bener, kelopak mata kita juga membutuhkan perawatan khusus. Kalau kamu belum memiliki eye cream, you may want to add it on your skincare routine. Penggunaan eye cream sangat disarankan bagi kita yang berusia 20an. Terutama yaitu pada malam hari sebelum tidur, if not twice a day.

  1. Moisturizer

Beberapa orang berpikir bahwa kulit berminyak tidak membutuhkan moisturizer karena akan membuat kulitnya lebih berminyak. Well girls, we do need moisturizer even if we have oily skin type. Gunakanlah moisturizer segera setelah menggunakan serum dan eyecream, selagi kulit masih agak basah.

Note: Jika kamu sedang dalam perawatan terhadap jerawat dengan krim khusus, maka gunakanlah sebelum menggunakan moisturizer. Dan saat menggunakan moisturizer, lewati bagian-bagian yang sedang mengalami iritasi atau radang karena jerawat.

  1. Sunscreen

Penggunaan sunscreen umumnya dilakukan paling akhir, yaitu setelah moisturizer. Tapi di sini ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

MOISTURIZER ATAU SUNSCREEN DULUAN?

Ini mungkin bagi beberapa orang yang sudah sangat akrab dengan skincare atau makeup adalah masalah yang sederhana. Kapan sih harus pakai sunscreen? Moizturizer atau sunscreen duluan? Jawabannya adalah tergantung produk sunscreen yang kita pakai jenisnya apa.

Coba deh perhatikan ingredients dari sunscreen yang kamu punya. Berdasarkan guidance yang aku baca dari beberapa artikel dermatologist, sunscreen yang bersifat physical seperti sunscreen yang mengandung zinc oxide atau titanium oxide bisa digunakan setelah menggunakan moisturizer. Sedangkan chemical sunscreen yang membutuhkan waktu untu meresap di kulit, maka sebaiknya digunakan sebelum menggunakan moisturizer. Hanya saja dilemma muncul karena penggunaan sunscreen lebih dulu akan menghalangi moisturizer untuk meresap ke kulit.

My advice? Choose your sunscreen product wisely.

NIGHT SKINCARE

Do you use exfoliator? If the answer is yes, it is highly recommended to use it at night. Gunakan setelah membersihkan wajah dengan cleanser baru kemudian menggunakan toner. Penggunaan exfoliator ini sebenarnya optional ya, tapi tentu akan lebih bagus kalau kita menggunakannya. Exfoliator berperan dalam mengangkat sel-sel kulit mati dan kotoran yang menempel di wajah. But again, tergantung jenis dan kebutuhan kuit. Untuk perawatan di malam hari, setelah penggunaan serum, kita bisa menambahkan penggunaan masker atau face oil sebelum menggunakan night cream atau moisturizer. Untuk night cream sendiri disarankan penggunaanya dilakukan sebelum tidur walaupun tidak segera setelah menggunakan serum wajah.

Why? Krim malam diformulasikan agar terserap secara bertahap saat kita tidur, menjaga kulit tetap terhidrasi sepanjang malam. And you know what? Regenerasi kulit terjadi saat kita sedang beristirahat, so it’s only wise to let the product sit on our face while we are sleeping.

Note: Some of skincare rituals have their own orders of application. Dan nggak semua bisa sesuai untuk semua orang ya. Listen to your skin.

Stay healthy and beautiful ya!

 

Main topic: Urutan Penggunaan Skincare

Share this on

19
Leave a Reply

avatar
13 Comment threads
6 Thread replies
1 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
14 Comment authors
Lady JosmanEsyLidya Natalia - Luella ArtistryCarnellinpipit lestari Recent comment authors
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
indriani Harjanti
Guest
indriani Harjanti

makasih bgt ka ilmunya #kbbvmember

Kornelia Luciana
Guest

Wah baru tahu kalau ada sunscreen yang harus dipakai sebelum moisturizer 🙂
Thanks infonya #kbbvmember

Esy
Guest

Ga kebayang aku kalo chemical sunscreen kayak apa. Contoh merknya apa yah?

Melissa Olivia
Guest

Banu jawab: Jenis chemical byk beredar di pasaran dan harganya lebih murah, contoh: emina, miniso, biore skin aqua beberapa ada yg chemical kalo ga salah, etude house, dll.

Esy
Guest

omg berarti selama ini sunscreen yg aku pake termasuk chemical. Aku pake skin aqua. I’ve been doing it wrong all this time. Lol

Fiarevenian
Guest

Gimana dengan Essence? Pemakaiannya ada
di urutan mana? #KBBVmember

Melissa Olivia
Guest

Bantu jawab: essence biasanya setelah toner karena teksturnya sedikit lebih kental dr toner. Atau ada juga orang yang ga pake toner tp langsung essence hehehe

Winda - www.dajourneys.com
Guest

Ini termasuk sederhana ya mbak, dibanding 15 steps ala orang Korea 😂 #kbbvmember

Melissa Olivia
Guest

Postingannya menarik. Saranku cari toner yang gak mengandung drying alcohol (alcohol denat, sd-alcohol, ethanol, etc) aja. Kebanyakan toner korea sekarang skin friendly kok. Cari yg mengandung humektan seperti: sodium hyaluronate, beta glucan, glycerin, butylene glycol. Semoga membantu ☺ #kbbvmember

Tami Oktari
Guest

Btw kalo lg berjerawat ga disarankan pake moisturizer gt ya? #kbbvmember

Xiaovee
Guest

Aaa pgn cobain semua yg di foto jadinya^_^ thx infonya dear

#kbbvmember

Icha - www.south-skin.com
Guest

ada juga ya sunscreen yang dipakai sbeelum pelembab. selama ini yang aku tau sunscreen harus ada dilapisan terluar supaya bisa melindungi kulit. kalo sunscreen-nya ada “di dalam” nanti kulitnya tetap terekspos matahari ^^;;
#kbbvmember

Ika devita
Guest

Kalau aku biasanya setelah cleanser, selanjutnya pakai patokan yang paling Encer duluan, yang paling kental terakhir. Wkwwk #kbbvmember

pipit lestari
Guest
pipit lestari

wah aku ga pernah pake eyecream, nice info kak #kbbvmember

Carnellin
Guest

hehe urutan yang benar memang diperlukan ya daripada salah #KBBVMember

Lidya Natalia - Luella Artistry
Guest

penting banget niiih urutan penggunaan skincare.. karena banyak orang yg masih suka bingung… #kbbvmember

Back to Top