CARA MEMILIH SUNSCREEN DENGAN BENAR

CARA MEMILIH SUNSCREEN DENGAN BENAR

Share this on

CARA MEMILIH SUNSCREEN DENGAN BENAR

Sunscreen adalah salah satu produk wajib untuk melindungi kulit dari sinar matahari. Bukan hanya di musim panas saja, kita dianjurkan untuk menggunakan sunscreen setiap hari terutama jika kita aktif berada di luar ruangan. Memilih sunscreen sendiri bagi kamu yang mungkin baru pertama kali akan membeli sunscreen bisa menjadi agak rumit. Karena begitu kita masuk ke drugstore, bukan hanya brand yang bervariasi, tapi juga varian kandungan SPF, jenis kulit, dan variasi side ingredients lainnya. Lalu adakah cara untuk mempermudah memilih sunscreen? Tentu ada. Berikut ini aku merangkum beberapa guidance cara memilih sunscreen dengan benar ya.

Cara Memilih Sunscreen

  1. Memiliki label “broad spectrum” protection

Berdasarkan sebuah artikel yang diterbitkan oleh American Cancer Society (1) , atau ACC, sunscreen yang baik bisa melindungi baik dari UVA maupun UVB. Di pasaran, sunscreen dengan garansi “broad spectrum” seperti ini sebenarnya tidak terlalu banyak karena harus melalui serangkaian tes sebelum bisa dilabeli “broad spectrum” protection. Sunscreen jenis ini mampu melindungi kulit dari kanker kulit dan penuaan dini.

Sumber lain menyebutkan (2) bahwa sunscreen dengan broad spectrum protection memiliki kandungan di antara lain yaitu:  benzophenones (oxybenzone), cinnamates (octylmethyl cinnamate and cinoxate), sulisobenzone, salicylates, titanium dioxide, zinc oxide, avobenzone (Parsol 1789) and ecamsule (Mexoryl SX).

BACA JUGA: BANANA BOAT SUNSCREEN

  1. Memilik kandungan SPF 30 atau lebih tinggi

Range SPF sunscreen menunjukkan kekuatan perlindungan terhadap UVB. Bagi beberapa orang, mungkin saja SPF rendah cukup bisa melindungi. Tapi jika kamu berkulit sensitive atau cerah, maka sebaiknya memilih sunscreen dengan SPF 30 atau lebih tinggi. SPF 30 bisa memfilter 97% UVB, sedangkan SPF 15 hanya mampu memfilter sekitar 93% saja (2).

  1. Ingredients

Saat membeli sunscreen, sempatkan untuk melihat ingredients atau komposisi yang terkandung dalam sunscreen tersebut. Tidak seperti pada perlindungan terhadap UVB, perlindungan pada UVA tidak bisa dilihat dari kandungan SPF. Satu-satunya cara adalah dengan melihat komposisi penyusunnya. Pastikan bahwa sunscreen yang kita pilih mengandung salah satu dari bahan-bahan berikut ini (2):

  • Ecamsule
  • Avobenzone
  • Titanium dioxide atau zinc dioxide
  1. Water Resistant

Water resistant bukan berarti waterproof. Water resistant hanya menunjukkan apakah sebuah sunscreen bisa bertahan dalam air atau selama berolahraga yang menyebabkan keringat. Umumnya resistensi bisa bertahan selama 40-80 menit di dalam air atau selama berkeringat. Untuk mengantisipasi itu, maka sangat direkomendasikan untuk mengaplikasikan ulang produk paling lambat setiap dua jam sekali.

  1. Kid-Friendly

If you are going to put it on your kid’s skin, make sure the sunscreen is kid-friendly. Kulit bayi dan anak-anak sangat sensitive terhadap komposisi atau bahan kimia tertentu. Pastikan untuk menghindari produk dengan kandungan para-aminobenzoic acid (PABA) dan benzephenones seperti dioxybenzone, oxybenzone, atau sulisobenzone.

CARA MENGGUNAKAN SUNSCREEN DENGAN BENAR

Berikut ini adalah panduan mendasar bagaimana menggunakan sunscreen.

  1. Gunakan sunscreen 15-30 menit sebelum keluar ruangan atau mulai beraktivitas di bawah sinar matahari. Jika kamu menggunakan make up, maka penggunaan sunscreen dilakukan sebelum pengaplikasian makeup. Pastikan untuk menggunakan pada seluruh tubuh, terutama yang langsung terpapar sinar matahari.
  2. Jangan melewatkan bagian-bagian seperti telinga, kaki, bagian belakang betis, tengkuk, tangan, dan bagian tubuh lainnya. Untuk bibir, gunakan lipbalm yang mengandung UV protection.
  3. Pastikan untuk reapply setiap 2 jam sekali, terlebih jika kamu berkeringat atau berenang.
  4. Gunakan sunscreen setiap hari, musim hujan, musim panas, berawan, mendung, apapun kondisi cuaca saat itu.

Yang harus kita perhatikan adalah bahwa sunscreen apapun dengan SPF setinggi apapun tidak bisa sepenuhnya melindungi kita dari sinar matahari, so if it is possible, stay out of the sun as much as possible for you. Jangan lupa menggunakan kacamata untuk melindungi mata kamu ya.

BACA JUGA: BANANA BOAT SUNSCREEN

Source of Information

  1. American Cancer Society
  2. WebMD

Gimana? Sudah bisa menentukan kira-kira akan membeli sunscreen yang mana? I hope this article helps.

Stay healthy and beautiful!

See you at the next post.

Share this on
Back to Top