CARA MENGATASI KULIT KERING

CARA MENGATASI KULIT KERING

Share this on

Topik: Cara Mengatasi Kulit Kering

Today I am going to be talking about dry skin and how to take care of it. Bukan kulit berminyak saja yang menyebalkan, tapi kulit kering juga bukan hal yang bisa kita abaikan. Terutama kalau kita adalah orang yang peduli dengan penampilan dan kulit sehat. Bayangkan saja kalau kita harus keluar rumah untuk beraktivitas, dan baru beberapa menit saja kulit sudah seperti lahan kering di musim kemarau. Pecah-pecah, kulit mengelupas, kulit tampak dan terasa sangat kering. Isn’t that too frustrating? Don’t worry. Kali ini kita akan membahas sedikit tentang kulit kering dan bagaimana cara mengatasinya. Keep reading!

Pemutih Kulit Alami

BASIC KNOWLEDGE ON DRY SKIN

Kulit kering atau umumnya disebut dermatitis pada kasus kulit kering yang ekstrim dapat dikelompokkan menjadi beberapa jenis (1). Di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Contact Dermatitis

Contact Dermatitis adalah kulit kering yang muncul hanya saat kita menyentuh atau mengalami kontak langsung dengan sesuatu yang umumnya gejalanya muncul di bagian tertentu kulit kita. Misalnya adalah zat kimia atau logam-logam tertentu.

  • Seborrheic Dermatitis

Seborrheic Dermatitis muncul saat kulit kita memproduksi terlalu banyak minyak sehingga menimbulkan rasa gatal atau kulit memerah. Hal s eperti ini umumnya terjadi pada bayi.

Meskipun ada beberapa orang yang memang secara natural memiliki kulit kering, namun ada beberapa faktor yang bisa meningkatkan resiko kulit kita menjadi kering. Di antaranya adalah berikut ini.

  • Usia : Semakin kita menua, maka kulit kita secara natural mengurangi produksi minyak sehingga resiko kulit kering semakin tinggi.
  • Sejarah medis : Faktor genetis, alergi, atau sejarah medis lainnya di masa lalu bisa menjadi faktor yang menyebabkan kulit kita menjadi kering.
  • Pergantian musim : Kulit bisa menjadi lebih kering pada musim-musim tertentu, terutama yaitu saat musim dingin/musim hujan.
  • Kebiasaan saat mandi : Mandi terlalu sering atau mansdi menggunakan air panas dapat meningkatkan resiko mengalami kulit kering.

CARA MENGATASI KULIT KERING

Untuk mengatasi kulit kering, terdapat banyak pilihan. Bisa dengan menemui dokter yang umumnya akan menyarankan bentuk pengobatan sesuai dengan penyebab kulit kering yang dialami, atau dengan menggunakan cara-cara umum non-medis.

LIFESTYLE REMEDIES UNTUK KULIT KERING

Beberapa perubahan dalam gaya hidup yang bisa dilakukan untuk membantu mengatasi kulit kering adalah sebagai berikut (1).

  • Mandi menggunakan air hangat, bukan air panas.
  • Mandi sekali dalam sehari, kecuali tentu saja kamu tidak punya pilihan lain. I know you don’t want to poison the world with bad odor. LOL.
  • Mandilah kurang dari 10 menit.
  • Jangan mengeringkan badan dengan menggosok atau mengelap tubuh dengan handuk terlalu kasar. If you are not in a rush, biarkan kering alami saja. It will be better for your dry skin.
  • Pilihlah sabun yang tepat untukmu. Pastikan sabun yang kamu gunakan memiliki kandungan moisturizer.
  • Minumlah air sebanyak mungkin.
  • Gunakan pelembab pada kulit keringmu segera setelah kamu mandi. Jika kulitmu bertipe sangat kering, kamu bisa memilih produk dengan kandungan pertrolatum-jelly.
  • If you have to shave, shave correctly. Mencukur bisa menyebabkan iritasi dan kulit kering karena mencukur bisa menghilangkan kandungan minyak alami di permukaan kulitmu. Berdasarkan saran yang diberikan oleh American Academy of Dermatology (2), waktu yang paling tepat untuk mencukur adalah sehabis mandi. Pada saat kita selesai mandi, rambut dalam keadaan lebih halus dan lembut sehingga memudahkan dalam mencukur.
  • Hindari menggunakan deodorant atau skincare product dengan aroma yang kuat (3).
  • Gunakan body cream atau moisturizer berbentuk salep daripada menggunakan body lotion. Body cream mengandung lebih banyak moisturizer dan mengunci moisturizer ke dalam kulitmu secara lebih baik dibandingkan lotion biasa.
  • Kurangi berada dalam ruangan berAC.

RESEP ALAMI UNTUK MENGATASI KULIT KERING

Terdapat banyak cara untuk mengatasi kulit kering, baik secara medis maupun alami dengan bahan-bahan tertentu. Berikut ini adalah beberapa pilihan resep alami yang bisa kamu coba untuk mengatasi kulit kering.

  • Aloe Vera

Kamu bisa memanfaatkan tanaman aloe vera di depan rumahmu untuk membantu kamu mengatasi kulit kering. Jika tidak punya, kamu bisa mencoba menggunakan produk-produk di pasaran yang memang terbuat dari aloe vera gel. Aku yakin produk semacam ini tidak susah untuk dicari.

Gunakan gel ini sebagai pelembab di bagian-bagian kulitmu yang terasa kering atau ikuti petunjuk penggunaan di masing-masing produk yang kamu beli.

  • Coconut Oil

Berdasarkan sebuah study yang dilakukan pada tahun 2004 oleh Agero AL dan Verallo-Rowell VM, ditemukan bahwa coconut oil sangat baik untuk membantu meningkatkan produksi lipid (lemak) di permukaan kulit kita dan mampu menghidrasi kulit secara maksimal dan signifikan (4).

SOURCE OF INFORMATION

  1. https://www.healthline.com/symptom/dry-skin
  2. American Academy of Dermatology, Inc. U.S
  3. https://www.aad.org/public/skin-hair-nails/skin-care/dry-skin
  4. Agero AL dan Verallo-Rowell VM. 2004. A Randomized Double-Blind Controlled Trial Comparing Extra Virgin Coconut Oil with Mineral Oil As A Moisturizer for Mild to Moderate Xerosis. Philippines: Department of Dermatology. (https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/15724344)

 

BACA JUGA:

CARA ALAMI MERAWAT KULIT

CARA MENGATASI BIBIR KERING

 

 

 

 

Share this on
Back to Top