Tips Kecantikan: Untuk Semua Jenis Kulit

18
80
Photo by Isabell Winter on Unsplash
Share this on

Pemutih Kulit Alami

Tips kecantikan memang tidak ada habisnya. Aku paling suka jalan-jalan melihat website-website beauty bloggers luar. Bukan hanya penyampaian mereka menarik dan informative, tapi artikel-artikel mereka juga sangat variatif. Mulai dari tips kecantikan secara umum sampai dengan DIY khusus untuk perawatan tertentu saja. Tips-tips kecantikan ini tentunya sangat bermanfaat dan applicable juga untuk kita orang Asia. Dan kali ini aku akan share beberapa tips kecantikan yang aku pikir paling bisa kita contoh. Selamat membaca ya.

  1. A Good Night Sleep

Mungkin ini adalah tips paling klasik, paling basic dan yang paling sering kita dengar. Kata orang, “the best makeup you can have is a good night sleep”. Harus diakui bahwa konsep ini bukan sekedar mitos. Tidur yang cukup sangat membantu dalam proses perbaikan, regenerasi, dan restrukturisasi kulit. Ini adalah salah satu alasan mengapa banyak brand-brand beauty care yang mengeluarkan produk yang dibuat agar bekerja efektif pada malam hari saat kita sedang beristirahat (1)

Photo by Kinga Cichewicz on Unsplash

Colette Haydon, founder sekaligus formulator dari Lixirskin, menyebutkan bahwa pada siang hari kulit kita bekerja untuk tetap dalam kondisi terhidrasi dan terlindungi, sedangkan proses recovery terjadi di malam hari (2). Namun demikian, menggunakan terlalu banyak produk skincare pada malam hari juga tidak dianjurkan karena kulit kita juga memiliki kemampuan terbatas untuk bekerja. Kulit seperti bagian tubuh lainnya juga membutuhkan istirahat. Selain itu, dianjurkan pula untuk mengganti produk dan komposisi produk yang kita gunakan agar stimulasi regenerasi bisa terjadi dan menghindari efek plateau dimana kulit menjadi tidak reaktif terhadap komposisi atau produk tertentu.

  1. Natural Detox

Organ sehat, kulit sehat. Kamu pasti pernah mendengar bahwa produk-produk tertentu bekerja dengan proses detoksifikasi terlebih dahulu. Melissa Doft, dokter bedah plastic Park Avenue menyebutkan bahwa sama seperti detoksifikasi organ tubuh lain, kulit juga memerlukan detoks (3). Detoksifikasi kulit menstimulasi perkembangan kolagen dan elastin lebih cepat, meningkatkan metabolisme dan regenerasi sel kulit sehingga kulit lebih sehat. Untuk detoksifikasi kulit, kamu bisa membeli produk khusus untuk detoksifikasi kulit (aku menggunakan Everwhite Hi Collagen Powder Drink, please read previous post),

(baca juga: https://www.ladyjosman.com/2018/08/16/review-jujur-everwhite-hi-collagen/ )

atau dengan menambahkan beberapa menu dalam diet kita. Salah satunya adalah lemon. Lemon sangat kaya akan Vitamin C yang mampu menangkal radikal bebas, yaitu salah satu yang menyebabkan munculnya garis-garis halus pada kulit, keriput, kulit kusam, dan tanda-tanda penuaan dini lainnya.

  1. Skin Moisturizer Massage

Biasanya saat kita mengaplikasikan moisturizer ke kulit kita, kita cenderung hanya mengoleskan saja. Pernahkah kamu mencoba memberikan sedikit pijatan ke kulit wajahmu dengan moisturizer? It feels good. Bukan hanya bisa membuat kulit kamu lebih relax, face massage sendiri bisa meningkatkan sirkulasi darah di wajahmu. Dan menggunakan moisturizermu sebagai pelumas saat melakukan pijatan wajah memungkinkan kulitmu menyerap moisturizer dengan lebih efektif.

  1. Exercise, hun!

There I said it. Olahraga teratur tidak hanya bagus untuk membentuk bikini body yang kamu impi-impikan, tapi juga bagus untuk kulitmu. Peredaran darah yang lancar tentu membuat kulitmu lebih glowing. Olahraga tidak harus ke gym center kalau kamu tidak suka keramaian. Kamu bisa meniru gerakan-gerakan dari banyak exercise rat di YouTube.

  1. Stay Hidrated

Again. This one is almost all over my recent article. Mengapa? Karena air sangat penting untuk menjaga kulit kita tetap lembab. Bayangkan saja kulitmu kering dan pecah-pecah di sana-sini, emang pede? Tentu tidak. Your skin will thank you for drinking enough water.

  1. Less Makeup is Always Nice

Tampil cantik memang sangat dekat dengan penggunaan make up. Kita bisa mengatur hari itu ingin tampilan kita seperti apa. Dengan contouring yang kuat seperti Kim Kardashian, atau natural look ala bintang Korea. Tapi sesekali tentu tidak masalah untuk memberikan kulit wajah kita kesempatan bernafas bebas. Bayangkan kulitmu sudah sepanjang minggu ditutup dengan makeup, I think it needs time to breathe the oxygen now. Go less make up or go bare face, ini adalah cara terbaik yang bisa kamu lakukan untuk kulitmu. Jika aktivitas kamu tidak memungkinkan untuk menanggalkan make up, kamu bisa mencoba bare face pada akhir pekan. Dan kadang kita bisa terlihat sedikit lebih muda begitu kita menggunakan a little less make up. *wink* Selain itu, less makeup memberikan kamu kesempatan untuk memanjakan kulitmu dengan skincare-skincare andalan yang kamu punya.

  1. Exfoliate your skin

Mandi dan cuci muka saja tidak cukup untuk membersihkan kulit kita dari kotoran dan sel kulit mati. At least once a week, kita harus melakukan scrubbing untuk mengangkat sel-sel kulit mati dan kotoran membandel di kulit kita. And when I say skin, it means skin. Bukan hanya kulit tubuh, tapi juga wajah dan bibir. Tumpukan sel kulit mati membuat kulit kita terlihat kusam dan terasa berat, so exfoliating is really important. Kamu bisa pakai produk-produk yang beredar di pasaran atau jika kamu lebih suka home remedy, you can try some of the DIY on my previous post.

baca juga: https://www.ladyjosman.com/2018/09/08/perawatan-kulit-8-masker-dan-scrub-pencerah-kulit/

  1. Be Happy!

Beauty guru says “you are the prettiest when you are happy”. Aku setuju banget dengan quote ini. Kamu pasti pernah bertemu orang yang sebenarnya memiliki fitur wajah biasa saja, but gosh she always looks so radiant. Kamu tau kenapa? She’s always smiling. Bukan berarti kamu harus faking smile setiap saat ya. Ketika kamu tersenyum atau tertawa, otot wajah kamu bergerak dan itu seperti exercise untuk wajahmu. And you bet it can boost both your mood and your natural radiant face.

  1. Apply your skincare properly

Urusan penggunaan skincare bisa dibilang gampang-gampang-susah. Kenapa? Sebagus apapun produknya, tapi kalau kita menggunakannya dengan tidak tepat, hasil yang kita dapatkan tidak akan maksimal. Berdasarkan pendapat Marie Reynolds yang dimuat dalam sebuah artikel (5), terdapat beberapa Golden Rules dalam mengaplikasikan skincare’ di antaranya adalah: a) Selalu bersihkan wajah sebelum menggunakan skincare apapun, terutama malam hari sebelum tidur; b) Gunakan skincare yang mengandung Vitamin C pada pagi hari, dan yang mengandung Vitamin A (retinol) pada malam hari; c) Selalu gunakan produk dengan kandungan SPF yang tepat

  1. Konsisten dan sabar

Apapun yang kamu lakukan pada kulitmu, the key is in consistency. Kamu tidak bisa mendapatkan kulit sehat dan indah dalam waktu semalam, it takes time. Be it exercise, good skincare, or a good night sleep. Jadi kamu mesti sabar dan tetap konsisten sebelum akhirnya kamu bisa melihat hasil yang kamu harapkan.

Sekian tipsnya ya guys.

Semoga bermanfaat.

 

 

Source:

(1) https://www.glamour.com/gallery/25-of-our-favorite-feel-good-skin-care-tips-of-all-time-2012-03#15

(2) https://www.telegraph.co.uk/beauty/body/good-nights-sleep-secret-best-skin-ever/

(3) https://www.dermstore.com/blog/top_ten/how-to-detox-skin/

(4 dan 5 ) https://www.telegraph.co.uk/beauty/skin/apply-skincare-properly/

 

Share this on

18
Leave a Reply

avatar
16 Comment threads
2 Thread replies
1 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
14 Comment authors
indriani HarjantiFiarevenianPuspaLady JosmanLucy Recent comment authors
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
winda - www.dajourneys.com
Guest

minum air putih yang cukup dan tidur 10 jam sehari, itu sih yang aku biasanya terapkan 🙂 #kbbvmember

Reyne Raea
Guest

Nomor 1 dan 4 saya masih kurang. Makanya kulit jadi kusam akhir2 ini, kurang tidur banget deh

#kbbvmember

Carnellin
Guest

iya, hal yang umum ini penting buat semua orang #KBBVMember Carnellin

Melissa Olivia
Guest

Thanks banget sharingnyaaa.. yg jam tidur dan olahraga ini masih sesuatu hahah.. masih menyusui jadi yah pagi2 dini hari aja masih merah demi anakkk… 😂 #kbbvmember

Karina
Guest
Karina

Bener sih tidur yang cukup dan nyenyak bikin kulit kita keliatan lebih sehat tapi akhir akhir ini aku lg dilanda stres yang bikin insomnia :”) #kbbvmember

Irene
Guest

Seberapapun gw memijat kulit wajah gw sndri, ttp lebih menyenangkan having someone else memijat wajah kita ahaha #kbbvmember

Icha - www.south-skin.com
Guest

kalo aku selalu eksfoliasi rutin. soalnya ini ngaruh banget sih #kbbvmember

Gadis Permatasari
Guest

setuju sama tips-tipsnya. banyak temen-temenku yang nanya pakai produk apa biar kulitnya bisa nggak kuyu, mata panda berkurang, dll. Kubilang tidur cukup tapi mereka ga percaya. Sampai beli skincare mahal tapi tidurnya subuh terus tiap hari. Padahal tidur cukup itu kuncinya ya. #kbbvmember

Sari Hati
Guest

Bener deh. Tidur malem yang berkualitas itu banyak banget manfaatnya. #kbbvmember

Lucy
Guest

Wahhh aq masih banyak yang belum 1,4,5 huhu bakal rajin deh abis ini #kbbvmember

Puspa
Guest

Huwaaaa, exercise itulooowhhh yg susahhh…hihii

#kbbvmember

Fiarevenian
Guest

Aduh, exercise dan less makeup itu agak susah di aku. #KBBVmember

trackback

[…] CARA ALAMI MERAWAT KULIT […]

indriani Harjanti
Guest
indriani Harjanti

tipsnya sangat membantu ka…kadang aku suka bergadang maklum buibu …hehe #kbbvmember

trackback

[…] BACA JUGA: TIPS ALAMI MERAWAT KULIT […]

trackback

[…] Baca Juga: Tips Perawatan Kulit […]