Women and Their Lipstick!

2
127
Share this on

How many lipsticks are there in your vanity? I don’t know what number it is; but I am guessing it must be more than one.

Photo by STIL on Unsplash

Perempuan memang gak bisa lepas dari benda satu ini. Sudah jadi semacam soulmate. Mulai dari remaja sekolah SMP sampai ibu-ibu di atas 60 tahun pun masih pakai lipstick (Look around you and you will know what I am talking about). Pemilihan warna memang bisa bervariasi untuk cewek-cewek yang masih belasan tahun, awal 20an, dan perempuan dewasa. Tapi bisa dipastikan bahwa lipstick yang dimiliki pasti lebih dari satu. Kenapa? Well jawabannya adalah, why not? Dan hampir bisa dipastikan kalau membongkar tas perempuan, di samping item,-item lainnya si kecil ini pasti ada.

Tapi..

“Sisi gelap” dari kecenderungan memiliki banyak lipstick ini adalah kadang-kadang kita sebenarnya tidak ingin menumpuk banyak lipstick. Hanya saja di tengah jalan baru sadar, “I don’t like this shade.” Atau setelah beberapa kali pemakaian mulai muncul pikiran “Ah this one makes my lips dry.” That’s when we decide to get a new one. Itu belum semuanya, kadang warna yang kita inginkan tidak tersedia, jadi kita harus put up with the available ones. Not very logical, but yeah, we are girls. We do that all the time when it comes to buying make up.

Jadi kali ini, di dalam tulisan ini aku mau memberikan beberapa tips dalam mengatasi beberapa “kesalahan” yang baru kita sadari belakangan ketika membeli lipstick. I said “some” because these are the things that I have experienced myself and mungkin berbeda dengan yang kamu alami.

So, enjoy the tips guys!

  • Salah warna

Emang warna bisa salah? Hahaha.. Dalam perspektif ini, bisa! Seperti yang aku bilang di atas, perempuan kadang memaksa beli warna yang tersedia hanya karena warna yang diinginkan tidak ada. Dan warna lain mungkin terlihat menggoda saat itu.

Well you know what, we can still fix this. Atau kamu pasti sudah tau ini kalau kamu pernah mengalami. Yup, that’s right! We can combine some different colours till we make the desired shade.

Look around your vanity, kamu pasti punya beberapa warna lain. Kamu bisa mulai kombinasikan warna-warna yang ada. Kamu bisa coba di punggung tanganmu dan lihat kombinasi dengan warna mana yang kamu suka, so this one lipstick gak perlu berakhir terbengkalai.

                                                           Photo by rawpixel on Unsplash

  • It dries up your lips!

Ini umumnya terjadi kalau kita pakai lipstick matte (Oh I love matte lipstick!). Oke, kita bisa mulai dari fixing the chapped-lips first. Sebelum mengaplikasikan lipstick, kamu bisa apply lipbalm dulu. Kamu bisa pakai produk-produk yang beredar di pasaran. I personally use Zoya. It works great on my dry lips. Vaseline does the work perfect too. Setelah pengaplikasian, biarkan beberapa menit, kemudian kamu bisa menggosok halus bibirmu dengan lap basah atau handuk basah. Setelah itu kamu bisa apply a very little amount of lip balm lagi sebelum mengaplikasikan lipstikmu.                                              
Photo by Anna Sastre on Unsplash

Note to this, kamu jangan malas pakai lip balm sebelum tidur ya. It will surprise you how it can help moisturize your dry lips!

  • Lipstik meleleh

This is a big no no buat cewek. Lipstik kita bisa saja matte dan bertahan lama. Tapi saat makan apa yang terjadi? Yup. Meleleh alias luntur. Mungkin gak semua, tapi jelas ada warna yang hilang dan itu sama sekali tidak terlihat menarik. Tentu saja kita bisa retouch. Tapi sebelum itu, kita bisa mengantisipasi ini kan.

Concealer.

Bener banget. Concealer selain untuk menutupi kekurangan-kekurangan di wajah juga bisa jadi penyelamat dalam hal ini. Sebelum mengaplikasikan lipstick, kamu bisa aplikasikan concealer di bibirmu. Tipis saja, as you don’t want your lips to be too heavy right. Hahahah.

Selain bisa membuat lipstikmu lebih tahan lama, concealer juga bisa banget untuk ngasi kamu warna baru. Try it out. Dengan dan tanpa concealer, satu lipstick yang sama bisa memberikan warna yang berbeda di bibirmu.

Photo by Septian simon on Unsplash

  • Too shiny

Lipstick mengkilat memang seksi and tempting. Tapi kadang dengan warna yang sama, kita mau lipstick ini tidak terlalu mengkilat. Well, ada cara untuk mengakali ini. Setelah mengaplikasikan lipsticknya, kamu bisa tempelkan tissue kering di bibirmu dan mengaplikasikan loose powder dengan brush tepat di bagian bibir yang tertutup tissue. Dengan begini kelebihan minyak di lipstick akan terserap, dan tadaaa, kamu bisa dapat looks yang lebih matte.

                                                                     Photo by Jakub Gorajek on Unsplash

  • Nempel di gigi

Ini umumnya terjadi untuk lipstick yang non-matte. Kan gak lucu ya kita sedang ngobrol asik sama partner atau rekan kerja kemudian ada lipstick di gigi. Urrggghh.

Untuk mengantisipasi ini kamu bisa memasukkan jarimu ke mulut dan menariknya keluar (dengan bibir tertempel di kulit jari). Dengan begini the exceeding amount of lipstick on your inner lips bisa hilang jadi kamu tidak perlu kawatir nantinya ada lipstick yang nempel di gigi kamu.

Selain dengan jari, kamu juga bisa mencoba menjepit tisu di bagian dalam bibir kamu (itu lho semacam yang dilakukan artis-artis Korea dalam drama mereka!)

Hufft. That must be it for now. I hope these tips can be useful for you guys.

Selamat mencoba and stay beautiful ya!

Share this on

2
Leave a Reply

avatar
2 Comment threads
0 Thread replies
0 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
0 Comment authors
Recent comment authors
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
trackback

[…] Women and Their Lipstick! […]

trackback

[…] BACA JUGA: WOMEN AND THEIR LIPSTICKS […]